Segera Disidang, Bartholomeus Toto Berharap Firli

    Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto. (JawaPos)

    RADARPENA.ID – Berkas perkara kasus yang membelit mantan Presiden Direktur (Presdir) PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto telah selesai. Dia akan segera disidang di Bandung, Jawa Barat. Bartholomeus Toto yakin Ketua KPK Firli akan menaruh perhatian pada kasusnya.

    Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan tim penyidik telah merampungkan penyidikan kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan tersangka Bartholomeus Toto. Penyidik telah melimpahkan berkas perkara, barang bukti, dan tersangka ke penuntutan tahap II.

    “Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan tersangka BTO (Bartholomeus Toto), tindak pidana korupsi suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi ke penuntutan tahap 2,” ujar Ali Fikri kepada awak media, Jumat (17/1).

    Ali Fikri mengatakan, sidang terhadap Toto rencananya bakal digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat. Seiring dengan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK memiliki batas waktu maksimal 14 hari untuk menyusun surat dakwaan.

    Toto diketahui juga menjalani pemeriksaan hari ini. Dalam pemeriksaan, ia mengaku hanya menandatangani berkas perkara yang akan dilimpahkan oleh penyidik ke penuntut umum.

    Hanya saja, hingga kini ia mengaku tak mengerti mengapa KPK bisa menetapkan dirinya sebagai tersangka dalam perkara ini.

    “Kalau pun sampai saat ini saya tidak mengerti apa yang ditersangkakan kepada saya,” kata Toto usai pemeriksaan.

    Kendati demikian, Toto meyakini KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri cs serta Dewan Pengawas (Dewas) bakal menaruh perhatian lebih terhadap kasusnya.

    Ia pun mempersilakan publik untuk menyaksikan persidangan yang bersifat terbuka. Nanti publik akan mengetahui fakta-fakta seputar dugaan keterlibatan dirinya dalam kasus ini.

    “Saya meyakini pimpinan KPK di bawah Pak Firli bersama Dewas akan memperhatikan kasus saya. Nanti teman-teman media agar mengikuti persidangan untuk melihat fakta yang ada. Saya rasa sekian,” ucap Toto.(riz/gw/fin)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here