Juventus vs Fiorentina: Wajib Tiga Poin

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. Foto: INT

RADARPENA.ID – Allianz Stadium akan menjadi venue laga pekan ke-22 Serie A, yang mempertemukan pemuncak klasemen sementara, Juventus dengan tim papan tengah Fiorentina pada Minggu (2/2) petang WIB.

Tuan rumah Juve yang kalah 2-1 di laga terakhir saat melakukan lawatannya ke stadion San Paolo, yang menjadi markas Napoli, membutuhkan tiga poin penuh, jika tidak ingin posisinya diambil oleh dua tim lain Inter Milan dan Lazio, yang menempel ketat di bawahnya. Karena itu, Juve jangan lengah. Misi utamanya meraih kemenangan.

Secara head to head, Juventus adalah pemenang empat laga dari lima laga terakhir yang mempertemukan kedua tim. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, menang empat kali secara berturut-turut, antara September 2017 hingga April 2019 lalu. Akan tetapi, di laga terakhir, September 2019 lalu, keduanya hanya mampu main imbang dengan skor kacamata.

Jika saja tidak berhati-hati dalam laga kali ini, tidak tertutup kemungkinan, Juventus yang tidak tampil sebaik beberapa musim-musim lalu itu, akan tersandung oleh La Viola, julukan Fiorentina, yang identik dengan seragam ungu itu.

Juventus sendiri bakal tampil tanpa bek tangguh Giorgio Chiellini yang punya masalah dengan lututnya. Demikian pula dengan Sami Khedira yang juga bernasib sama dengan rekannya. Merih Demiral, Danilo, Mattia de Sciglio, juga Miralem Pjanic sudah dipastikan, tidak akan terlibat dalam laga tersebut.

Bicara meraih poin penuh, pelatih Maurizio Sarri sudah tentunya akan mengandalkan trisula mautnya. Yakni Cristiano Ronaldo, Paolo Dybala dan Gonzalo Higuain. Ronaldo yang telah mencetak 17 gol hingga pertengahan musim ini, akan menjadi target man Juve, yang diperkirakan bakal memainkan formasi 4-3-1-2, untuk mendulang poin maksimal.

Meski hanya mengisi posisi ke-13 di klasemen sementara, pengamat bola The Tito berpendapat, jika Fiorentina, yang tak terkalahkan di Serie A, semenjak tahun 2020 ini bergulir, masih berpotensi menghadirkan perlawanan bagi kubu tuan rumah, meski akan tampil tanpa Kevin-Prince Boateng, Castrovilli dan Franck Ribery, yang masing-masing didera masalah cedera berbeda.

Jika saja mampu memanfaatkan absennya beberapa pemain pilar dan ketimpangan di lapangan tengah Fiorentina, The Tito berpendapat, laga ini, akan lebih menguntungkan bagi kubu tuan rumah. Mereka diuntungkan tidak hanya secara mental. Namun juga dari sisi rotasi pemain.

“Bianconeri (Juventus, Red) mungkin akan bermain lebih menyerang. Sementara bagi Fiorentina, tanpa Castrovilli dan Ribery, maka tim ini akan kehilangan dinamismenya di lapangan tengah,” kata The Tito seperti dikutip Viola Nation, Sabtu (1/2).

Dengan ketimpangan kualitas pemain yang membedakan kedua tim, tentunya tidak mengherankan jika persentase Juventus menutup laga ini dengan kemenangan di atas 60 persen. Skor 2-0 untuk tim tuan rumah sepertinya masih sangat visibel untuk dicapai Ronaldo dkk.(ruf/fin/rh)

Prediksi Susunan Pemain Juventus vs Fiorentina

Juventus: Szczesny; Sandro, De Ligt, Bonucci, Cuadrado; Matuidi, Bentancur, Rabiot; Ramsey; Ronaldo, Higuain.

Fiorentina: Dragowski; Ranieri, Pezzella, Ceccherini; Venuti, Castrovili, Pulgar, Benassi, Lirola; Vlahovic, Chiesa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here