KONI Banten Terapkan Sport Science

Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – KONI Banten menggelar tes fisik tahap awal atlet Pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON Papua 2020, Sabtu (7/12). Bekerjasama dengan laboratorium sport science Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK-UPI), tes fisik menggunakan metode pengukuran teknologi digital.

Secara keseluruhan, tes fisik yang berlangsung di Sekretariat KONI Banten, Kota Serang ini diperuntukan bagi para atlet Banten yang telah lolos dari ajang Pra PON 2019.

Secara bergiliran, atlet yang hadir diuji mulai dari hand dynamometer, vertical jump, sprint 20 meter, hurdle jump, dan whole body reaction. Atlet Banten menyambut antusias rangkaian tes tersebut.

Ketua Umum (Ketum) KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengatakan, tes fisik menggunakan metode pengukuran teknologi digital dinilai tepat guna mengetahui kemampuan dan kekuatan atlet sejauh ini. Sehingga selanjutnya pelatih mempunyai bahan latihan yang sesuai dengan kondisi atlet masing-masing.

“Saya berharap dengan adanya tes fisik bersama ini, bisa menjadi kesatuan yang utuh, agar atlet saling mengenal, saling memberi motivasi untuk merebut prestasi di Papua nanti,” kata Rumiah.

Baca Juga : Momentum Golden Football

Dijelaskan Rumiah, hingga awal Desember tahun ini, sebanyak 203 atlet dari 30 cabang olahraga telah memastikan lolos ke PON Papua 2020. Hasil positif itu diraih dari ajang Pra PON 2019 yang telah dilalui.

“Dari jumlah tersebut, Banten masih punya kesempatan untuk menambah jumlah atlet dan cabang olahraga yang lolos ke PON. Kita doakan agar semuanya bisa lolos, dan segera bergabung di Pelatda PON,” harap Rumiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here