Uji Coba e-Rekap, Internet Jangan Lemot

Ilustrasi. Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Uji coba penggunaan rekapitulasi elektronik pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mendatang akan dilaksanakan awal tahun. Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta mempersiapkan infrastruktur secara cepat dan tanpa kendala.

Akademisi Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, jaringan internet menjadi kunci utama kelancaran penggunaan rekapitulasi elektronik alias e-rekap di Pilkada 2020. Sejumlah wilayah diyakini belum mendapat akses internet yang memadai.

Infrastruktur juga mencakup kesiapan sumber daya manusia di daerah. Dikhawatirkan, secara jaringan dan peralatan teknis sudah siap, penyelenggara pemilu di daerah belum mendapatkan pelatihan teknis yang memadai.

Emrus menyarankan, penggunaan e-rekap jangan dilakukan di setiap daerah. Tapi, dipetakan berdasarkan kesiapan daerah.

“Daerah terpencil, kepulauan, atau pesisir yang belum ada internetnya akan sangat sulit mengaplikasikan. Sehingga perlu pemetaan secara rinci,” papar Direktur Eksekutif Emrus Corner ini di Jakarta, Senin (2/12).

Baca Juga : Bulutangkis SEA Games: Ayo, Selangkah Lagi!

Selain penyelenggara, masyarakat sebagai pemilih juga perlu mendapat sosialisasi terkait penggunaan elektronik dalam pesta demokrasi. Karena, belum semua masyarakat tahu jika penyelenggara pemilu menerapkan e-rekap di Pilkada 2020.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik mengatakan bahwa uji coba ini dilakukan untuk memastikan kesiapan KPU menerapkan e-Rekap pada pilkada serentak 2020. Ada beberapa hal yang harus disiapkan KPU untuk bisa menyelenggarakan pilkada dengan e-rekap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here