Perolehan Suara Ditetapkan di Satu SK

Foto: jawapos

RADARPENA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan perolehan kursi parpol dan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terpilih. Sebab, perolehan suara hasil pemilu 2019 ditetapkan di dalam satu Surat Keputusan (SK).

Penetapan tersebut baru bisa dilakukan setelah seluruh putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif selesai dilaksanakan.

Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik mengatakan, hal tersebut disebabkan dalam putusan MK, ada perintah untuk mengubah surat keputusan (SK) KPU Nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Sementara itu, saat ini ada 12 perkara sengketa PHPU legislatif DPRD yang dikabulkan oleh MK dan harus ditindaklanjuti oleh KPU daerah.

“Amar putusan MK meminta KPU menetapkan hasilnya, karena gugatan //kan (gugatan menyasar) pada SK KPU 987 tentang hasil pemilu,” ujar Evi di gedung KPU, Jakarta, Selasa (13/8).

Baca Juga : 90 Persen Perkara Pileg Ditolak MK

Sehingga, meskipun tidak ada gugatan PHPU legislatif DPR RI yang dikabulkan oleh MK, KPU tetap menanti tindaklanjut atas 12 perkara sengketa PHPU legislatif DPRD untuk segera ditindaklanjuti.

Nantinya, setelah 12 perkara ditindaklanjuti dalam bentuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU), KPU akan lebih dulu menetapkan SK untuk menggantikan SK nomor 978.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here