Kursi dan Caleg DPR RI Belum Ditetapkan

Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Iwan Tri Wahyudi

RADARPENA.ID – Pasca Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) calon legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan perolehan kursi dan calon anggota legislatif DPR RI terpilih 2019.

Lembaga penyelenggara pemilu ini akan melakukan penetapan setelah seluruh PHPU di MK dijalankan sesuai putusan mahkamah.

Ketua KPU Arief Budiman menegaskan, akan melakukan penetapan setelah semua putusan MK dijalankan. Ia juga belum memastikan penetapan caleg dan perolehan kursi DPR RI. Sesuai Peraturan KPU (PKPU), penyelenggara memiliki waktu lima hari kerja untuk menjalankan putusan MK.

KPU kini tengah fokus mempersiapkan penghitungan surat suara ulang (PSSU) dan pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Ini merupakan tindak lanjut atas putusan MK terkait sengketa PHPU legislatif. KPU harus menyiapkan sejumlah hal.

“Saya sedang koordinasi dengan KPU daerah. Kita mau bikin jadwalnya kapan, bagaimana, di mana,” kata Arief Budiman di Jakarta, Minggu (11/8). Ia menambahkan, tindak lanjut putusan PHPU harus dilaksanakan sesuai yang diperintahkan mahkamah dalam amar putusan.

Baca Juga : 90 Persen Perkara Pileg Ditolak MK

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menambahkan pihaknya harus melaksanakan putusan MK terkait PSSU dan pemungutan suara ulang. Terlebih, dalam amar putusanya MK meminta KPU menetapkan hasil PSSU dan PSU tersebut.

Meski yang dilakukan PSSU dan PSU adalah pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota, namun ketetapan perolehan suara anggota legislatif tertuang dalam satu surat keputusan (SK) yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here