MK Putuskan PSSU di Tiga Daerah

Mahkamah Konstitusi. (Ist)

RADARPENA.ID – Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) beberapa TPS di tiga daerah. Yakni Kota Surabaya, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

KPU menyebut telah berkoordinasi dengan KPU Daerah untuk segera menyiapkan perhitungan ulang. Untuk Surabaya dan Trenggalek, PSSU dilakukan pada Sabtu (10/8) pekan ini.

Putusan PSSU di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur diberikan atas gugatan PDIP. Sementara di Kota Surabaya, Jawa Timur putusan atas gugatan Partai Golkar. Sedangkan di Desa Disura, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat atas gugatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga : MK Jawab Sindiran Mahkamah Kalkulator

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan pihaknya harus menjalankan putusan MK selama lima hari setelah putusan dibacakan. Terkait putusan yang dikabulkan sebagian oleh MK, ada kemungkinan akan dijalankan pada pekan depan.

“Kita harus lakukan dalam lima hari, sesudah pembacaan putusan. Lima hari kerja ada yang Sabtu. Kalau Kalimantan Barat, mungkin Senin. Kalbar sendiri belum kami surati karena memang baru putusannya,” ujar Ilham di gedung MK, Jakarta, Kamis (8/8).

Dalam menjalankan putusan MK, KPU akan melibatkan Bawaslu dan partai politik. Nantinya hanya kotak suara yang diperintahkan MK yang dibuka dan dilakukan penghitungan ulang. Setelah melakukan penghitungan, KPU akan langsung menetapkan. Ini dilakukan karena tidak adanya amar putusan yang memerintahkan KPU melaporkan hasil penghitungan ulang ke MK.

“Terhadap putusan Mahkamah untuk PSSU, itu akan kami lakukan segera. Kami langsung koordinasi dengan KPU Jawa Timur untuk Surabaya dan Trenggalek. Sementara untuk PSSU di Kabupaten Pegunungan Arfak, koordinasi dengan KPU Papua Barat. Sesuai dengan putusan Mahkamah. Prinsipnya KPU pasti akan melaksanakan seluruh putusan. Ini terhadap TPS- TPS yang dimintakan oleh Mahkamah,” jelas komisioner KPU Viryan Aziz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here