Ma’ruf Amin Lepas Jabatan Ketum MUI

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. (Ist)

RADARPENA.ID – Cawapres KH Ma’ruf Amin akan melepaskan jabatannya sebagai Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia). Ini setelah KPU (Komisi Pemilihan Umum) resmi menetapkannya sebagai wakil presiden terpilih.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid, usai bertemu Ma’ruf Amin di kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta, Kamis (27/6).

“Setelah putusan MK, beliau masih bisa menjabat sebagai Ketua Umum MUI. Nanti, setelah ditetapkan oleh KPU menjadi wakil presiden terpilih, beliau harus melepaskan jabatannya,” ujar Zainut.

Menurutnya, sesuai anggaran dasar MUI, posisi Ma’ruf sebagai cawapres tidak menjadi halangan untuk tetap menjabat Ketua Umum MUI.

Terkait sengketa Pemilu 2019, Zainut menegaskan MUI tidak dalam posisi terlibat. MUI, kata dia, hanya mengimbau masyarakat Indonesia bisa menerima putusan majelis hakim MK.

Keluarga Ikhlas

Sementara itu, putra KH Ma’ruf Amin, Ahmad Syauqi, mengatakan keluarga mengiklaskan ayahnya menjadi calon wakil presiden untuk mengemban tugas negara.

Menurutnya, sejak awal keluarga mendukung ayahnya dipinang Jokowi sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2019.

“Sebagai keluarga, kami tentu mendukung beliau mendampingi Pak Jokowi untuk mengemban tugas negara. Ini adalah amanah,” ujar Syauqi di Kompleks Pondok Pesantren An Nawawi Tanara Kabupaten Serang, Banten, Kamis (27/6).

Anak kelima Ma’ruf Amin ini menegaskan selain ulama besar, ayahnya juga ahli bidang ekonomi syariah. Bahkan, Ma’ruf Amin punya program membangun ekonomi masyarakat dari arus bawah agar berkembang menjadi pengusaha besar.

Selama ini, perbankan yang ada memberikan kemudahan kredit kepada pelaku ekonomi besar. Sehingga pengusaha kecil semakin terpuruk.

“Saya kira program KH Ma’ruf Amin bisa membantu membangkitkan pengusaha kecil menjadi pengusaha besar,” paparnya.(rh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here