Pendaftaran PPK Dibuka Pekan Depan

ILUSTRASI: KPU mulai menyiapkan e-rekap dalam menghadapi Pilkada 2020. (JawaPos)

RADARPENA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel akan membuka pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilukada pada 23 September mendatang. Nantinya, bila PPK sudah terbentuk maka akan melangkapi penyelenggara Pilkada Kota Tangsel tingkat kecamatan.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, pendaftaran PPK mulai dibuka 22-29 Januari mendatang, sedangkan pengambilan formulirnya 15-21 Januari. “Satu kecamatan memerlukan 5 orang PPK, artinya kita memerlukan 35 orang PPK dalam Pilkada tahun ini untuk 7 kecamatan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres (Grup RADARPENA), Selasa (14/1).

Bambang menambahkan, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bagi yang berminat menjadi PKK. “Saya berharap PPK kedepan bisa menggunakan teknologi, salah satunya kita memiliki aplikasi Sistem Penghitungan Suara (Situng),” tambahnya.

Sementara itu, Divisi Teknis pada KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, KPU tidak bisa bekerja tanpa adanya PPK, setelah PPK terbentuk baru akan dibuka pendaftaran penitia pemunggutan suara (PPS).

“Pengambilan formulir 15-21 Januari bisa di kantor KPU Kota Tangsel atau bisa diunduh di website [www.kota.tangerangselatan.kpu.go.id](file:///X:/1%20Januari%202020/15/01.%20UTAMA/www.kota.tangerangselatan.kpu.go.id),” ujarnya.

Baca Juga : Ancaman Setelah Tambang Emas Ilegal di Lebak Ditutup

Zein menambahkan, ada 11 syarat untuk bisa menjadi PPK. Seperti, warga negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD Negara RI Tahun 1945 Bhineka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selanjutnyam tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Atau paling singkat dalam jangka waktu 5 tahun tidak lagi menjadi anggota parpol yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus parpol bersangkutan. Berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here