PKL Musiman Mulai Menjamur

Para personel Satpol PP-Damkar Kota Tasikmalaya melakukan pengawasan terhadap PKL musiman di Alun-Alun Kota, Senin (6/5). rangga jatnika / radar tasikmalaya

RADARPENA.ID – Memasuki Ramadan, pedagang kaki lima (PKL) musiman yang menjual berbagai makanan takjil menjamur di sejumlah lokasi, Senin (6/5). Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kota Tasikmalaya pun dituntut untuk bisa menjaga ketertiban guna kenyamanan masyarakat.

Salah satu lokasi yang terpantau menjamurnya PKL yakni di kawasan Alun-Alun Kota Tasikmalaya. PKL yang biasanya hanya terlihat di trotoar bagian luar saja, kemarin sudah masuk di dalam kawasan alun-alun.

Salah satunya Alya Andini (18), remaja asal Dadaha yang mulai mempersiapkan lapak dagangnya di dalam kawasan alun-alun. Sebelumnya, dia mengaku sudah berjualan hanya saja sistem delivery order. “Jadi dagangnya di rumah,” katanya kepada Radar.

Di bulan suci ini, dia mencoba peruntungan lebih dengan membuka lapak di luar. Setelah berkonsultasi dengan saudaranya, alun-alun pun dipilih sebagai lokasi berdagang. “Ya nyobain jualan di luar,” ujar dia.

Menjamurnya PKL musiman diakui oleh Kabid Trantibum Tranmas Dinas Satpol PP dan Damkar Yogi Subarkah. Menurutnya, sore hari di bulan Ramadan cenderung banyak yang berjualan. “Bisa di lihat sendiri, sekarang sudah mulai kelihatan,” tutur dia.

Selain alun-alun, ada beberapa titik badan jalan yang diprediksi banyak diisi lapak PKL musiman. Di antaranya di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Sutistna Senjaya, HZ Mustofa, RAA Wiratanuningrat dan kawasan Taman Kota (Tamkot).

Satpol PP-Damkar berupaya me­la­kukan sosialisasi kepada para pe­da­gang untuk tetap menjaga keter­­tiban. Pasalnya, dalam hal ini ba­nyak kepentingan masyarakat yang harus diakomodir. “Pertama ya kita sosialisasikan supaya tidak meng­ganggu ketertiban,” tutur dia.

Di bulan Ramadan, pihaknya akan menempatkan personel di titik-titik rawan untuk menjaga PKL su­paya tetap tertata. Jika ada PKL yang menempati ruang yang bisa menim­bulkan masalah, maka akan diarah­kan untuk pindah. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here