Yasonna Cari Korban

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H. Laoly. Foto: Dok. Seskab

RADARPENA.ID – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mencopot Ronny F Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi terkait kesalahan informasi soal catatan perjalanan tersangka kasus suap pengurusan Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku. Padahal seharusnya yang dipersalahkan adalah Yasonna.

Koordinator ICW Adnan Topan Husodo menilai seharusnya Yasonna yang bertanggung jawab penuh soal kesalahan tersebut.

“Pencopotan ini untuk cuci tangan pihak yang paling bertanggung jawab dalam hal ini Pak Menteri (Yasonna Hamonangan Laoly). Bahwa harus ada yang dikorbankan dari skandal raibnya Harun, ya saya kira itu ada di Dirjen Imigrasi,” kata Adnan, Rabu (29/1).

Dia juga menilai pembentukan tim pencari fakta kepulangan Harun yang independen cuma akal-akalan Yasonna saja. Tujuannya hanya untuk menghindari tuduhan dirinya memiliki kepentingan dalam kasus tersebut.

“Tim investigasi itu kan akal-akalan saja. Apalagi kan kalau dikaitkan dengan kasus Harun, ini ada kaitannya dengan partainya (PDI Perjuangan). Saya kira Yasonna ingin meletakkan tanggung jawab itu ke Dirjen Imigrasi, bukan ke dirinya sendiri,” ujarnya.

Baca Juga : UU Perlindungan Data Pribadi Mendesak

Dia juga mengkritisi pernyataan Yasonna soal alasan mencopot Ronny sebagai upaya menghindari konflik kepentingan.

“Padahal yang punya konflik kepentingan itu dirinya (Yasonna). Dia dari PDI P, wewenang terkait imigrasi ada di dirinya, kasus Harun terkait PDI P. Ini konflik kepentingannya,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here