Pemeriksa Firli dan Kasus PAW Dipulangkan ke KPK

Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Rizky Agustian

RADARPENA.ID – Pegawai Direktorat Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sugeng, dipanggil Kejaksaan Agung (Kejagung), instansi asalnya. Pria yang berprofesi sebagai jaksa itu disebut kembali bertugas di Kejagung setelah beberapa tahun mengabdi di KPK.

Berdasarkan pemberitaan, Sugeng merupakan ketua tim yang memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri terkait dugaan pelanggaran etik saat menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK. Dikonfirmasi soal itu, Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

“Oh Pak Sugeng ya, saya enggak tahu apakah Pak Sugeng kepala tim atau bukan. Tapi memang Pak Sugeng dulu memang di pemeriksaan internal. Tapi apakah bagian dari tim, saya mesti konfirmasi ulang,” ujar Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (27/1).

Kabar tersebut juga menyatakan, kepindahan Sugeng untuk kembali bertugas di Kejagung lantaran dimutasi oleh KPK. Namun, Ali Fikri membantahnya. Menurut dia, Sugeng kembali bertugas di Kejagung lantaran memang ada permintaan dari sana.

“Bukan dikembalikan tapi dipanggil kembali untuk di sana, memang ada. Tapi surat keputusannya belum ada. Saya sudah konfirmasi itu ke Biro SDM (KPK) dan ada permintaan,” terangnya.

Baca Juga : Februari, Warga DKI Punya Wakil Gubernur

Selain Sugeng, pegawai KPK lainnya, yakni seorang penyidik bernama Rosa dan seorang jaksa bernama Yadyn, dikabarkan juga kembali ke instansi asal. Rosa dikabarkan ditarik ke Polri, sementara Yadyn akan dikembalikan ke Kejagung. Keduanya disebut merupakan bagian dari tim Satgas KPK yang sedang menangani kasus suap terkait proses PAW anggota DPR dari PDIP.

Ali Fikri menampik penarikan Rosa dan Yadyn terkait penyidikan perkara tersebut. Ia menjelaskan, penyidik dan jaksa di KPK ada yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dipekerjakan. Sehingga, kata dia, instansi asal pegawai dapat menarik kembali PNS yang diperkerjakan di KPK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here