KPK Dalami Dugaan Yasonna Halangi Penyidikan Harun

Kurnia menambahkan, sikap Yasonna dan jajarannya terkait Harun Masiku itu sangat janggal. Ia juga mengkritisi kehadiran Yasonna dalam konferensi pers Tim Advokasi PDI Perjuangan mengingat jabatan yang diembannya sebagai Menkumham.

Dalam laporannya, Koalisi turut membawa sejumlah bukti dugaan pelanggaran pidana yang dilakukan Yasonna. Salah satunya, berupa rekaman CCTV yang memperlihatkan Harun Masiku ke Indonesia pada 7 Januari 2020.

“Kami bawa CCTV yang sudah beredar di masyarakat terkait kedatangan Harun di Bandara Soekarno-Hatta tanggal 7 Januari. Itu kan sebenarnya perdebatannya,” kata Kurnia.

Kurnia menyatakan, pihaknya juga tak menutup kemungkinan bakal melayangkan laporan ke kepolisian terkait dugaan perbuatan merintangi penyidikan yang dilakukan Yasonna. Ia menyebut, pihaknya pun masih mengumpulkan bukti-bukti yang dibutuhkan.

“Hari ini kita baru mendatangi KPK. Enggak menutup kemungkinan kita datangi instansi lain soal perdebatan itu. Kita masih melengkapi alat-alat bukti terkait laporan hari ini,” tuturnya.

Laporan yang dilayangkan koalisi telah diterima oleh KPK. Laporan itu terdaftar dengan nomor informasi 107246 dan nomor agenda 2020-01-000112. Laporan tersebut disertai beberapa dokumen seperti hasil kajian, surat, dan dokumen pendukung lainnya.(riz/gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here