Wahyu Setiawan Dilaporkan ke DKPP, Ini Harapan Bawaslu

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menjadi tersangka suap PAW caleg anggota DPR setelah diciduk dari OTT KPK. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

RADARPENA.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menegaskan, penetapan Agustiani Tio Fridelina (ATF) sebagai tersangka dugaan kasus korupsi, tidak berkaitan dengan posisinya sebagai mantan Anggota Bawaslu periode 2008-2012.

Selain itu, lembaga pengawas pemilu tersebut juga melaporkan komisioner KPU Wahyu Setiawan ke DKPP.

Ketua Bawaslu RI Abhan menyatakan setelah selesai menjabat sebagai anggota Bawaslu, Agustiani bergabung menjadi aktivis partai politik. Posisi terakhir Agustiani pada Pemilu 2019 bertarung sebagai calon legislatif (caleg) dari PDIP daerah pilihan (dapil) Provinsi Jambi. Dia bersaing dengan 108 caleg lainnya.

“Yang kami ketahui beliau adalah caleg DPR RI dapil Provinsi Jambi. Sekali lagi, kami tegaskan tidak ada kaitannya dengan Bawaslu RI,” tegas Abhan di Jakarta, Jumat (10/1).

Dia melanjutkan, Bawaslu melaporkan Anggota KPU Wahyu Setiawan yang terjerat dugaan kasus korupsi ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Laporan dugaan pelanggaran kode etik dilayangkan ke DKPP, Jumat (10/1).

Baca Juga : Tottenham vs Liverpool, Jalan Terjal Tuan Rumah

Laporan itu dilakukan karena adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Wahyu terkait dengan proses penetapan pergantian antar waktu (PAW) dari salah seorang anggota DPR RI.

Bawaslu berinisiatif membuat laporan dugaan pelanggaran kode etik. Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan demi menjamin kepastian status dari Wahyu Setiawan selaku anggota KPU yang kini berstatus tersangka oleh KPK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here