Hari Buruh: Menaker Ajak Siloam 1,000 Rapid Test untuk Pekerja/Buruh

radarpena – Diantara rangkaian perayaan Hari Buruh Internasional, Menaker mengajak RS Siloam ikut merayakan dengan sumbangan 1,000 Rapid Test untuk para pekerja dan buruh.

Acara penandatanganan MOU kerja sama antara Kemenaker dan RS Siloam di tanda tangani oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dengan Wakil Direktur Utama RS Siloam, Caroline Riady dan disaksikan jajaran Kemenaker dan Siloam.

Pada saat yang sama di lakukan 1,000 Rapid Test bagi para pekerja dan buruh didalam 4 gelombang di Gedung Serba Guna, Kementerian Ketenagakerjaan.

Penetapan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional (Mayday) yang dilaksanakan setiap tahun baik di pusat maupun daerah, antara lain menyampaikan pendapat di muka umum, gerak jalan massal, pertandingan/ lomba, bakti sosial.

Sehubungan dengan peringatan Mayday tahun 2020, bertepatan dengan terjadinya pandemi Covid-19, Kemenaker melakukan kerjasama para pihak khususnya pimpinan serikat pekerja/serikat buruh dalam mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bersifat konstruktif.

Pada tahun ini khususnya, penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan jumlah kasus dan/atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas lintas wilayah dan lintas Negara yang berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia.  Dalam konteks ketenagakerjaan, terdapat beberapa dampak yang dirasakan, antara lain meningkatnya jumlah pekerja/buruh yang dirumahkan atau mengalami PHK akibat kesulitan ekonomi yang dihadapi perusahaan.

Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas, Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan RS. Siloam telah melakukan kegiatan rapid test bagi pekerja/buruh.  Tentunya pelaksanaan ini dilakukan dengan mematuhi ketentuan dan protokol pencegahan Covid-19.

Menaker dalam sambutannya mengatakan: “Kami memberi kehormatan terhadap gerakan dan aksi kolektif pekerja dan buruh di seluruh dunia, terutama di Indonesia dalam membangun negara dan ekonomi nasional. Merekalah fondasi dasar bagi dinamika masyarakat yang membawa prestasi sosial dan ekonomi nasional. Kontribusi mereka terhadap kekuatan dan kemakmuran bangsa Indonesia harus kita semua hormati dan apresiasi”.
“Kami atas nama pemerintah mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional (Mayday). Semoga dapat memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, dan meningkatkan ketahanan sosial”.
“Saya juga apresiasi kerja sama dengan Siloam dalam memberikan Rapid Test kepada para pekerja dan buruh”.

Wadirut Caroline Riady dalam sambutannya mengatakan: “Kami turut mengucapkan selamat Hari Buruh dan khususnya bagi pekerja dan buruh esensial dan di garis depan bidang kesehatan yang telah melayani dengan keberanian di situasi pandemi Covid-19. Kami senang bisa berpartisipasi dan ikut meringankan beban para pekerja dan buruh dengan menyatakan kepedulian kami.”(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here