WNI Diimbau Segera Tinggalkan China

Terkait penyebaran virus Corona, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, mengatakan penduduk Wuhan sudah diimbau untuk tidak pergi ke mana-mana (AFP)

RADARPENA.ID – Kedutaan Besar RI di Beijing mengimbau pada warga negara Indonesia (WNI) yang berada di seluruh wilayah China untuk segera pulang ke Tanah Air, guna terhindar dari wabah virus corona.

Berdasarkan surat keterangan yang ditandatangani Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus tertanggal 29 Januari 2019, seluruh WNI yang berada di Cina diimbau pulang sampai situasi kembali normal.

“Menyikapi merebaknya wabah virus corona di China akhir-akhir ini, bagi warga negara Indonesia di seluruh China sekiranya tidak ada kepentingan yang mendesak, kami mengimbau untuk kembali ke Indonesia sampai situasi normal kembali,” kata Ichsan, Jumat (31/1).

Ichsan mengatakan, bahwa surat keterangan tersebut dikeluarkan atas permintaan para mahasiswa di sejumlah daerah di Cina yang tidak bisa keluar dari kampus karena pintu gerbang dikunci.

Meskipun libur semester, saat ini masih banyak pelajar asal Indonesia yang memilih tinggal di China. Sebab, beberapa kampus melarang mahasiswanya pulang, terkecuali ada surat keterangan dari KBRI.

Baca Juga : Jangan Cabut Subisidi Elpiji!

“Kami memang mengeluarkan surat itu, tapi sebenarnya tidak melulu imbauan melainkan surat keterangan bagi WNI, khususnya pelajar Indonesia yang hendak pulang,” tuturnya.

Oleh karena itu, KBRI meminta pihak kampus dapat memberikan kemudahan dan akses keluar ke bandara terdekat bagi WNI yang hendak pulang ke Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here