KKP Bidik Produksi Rumput Laut

Ilustrasi (dok.radarbali)

RADARPENA.ID – Sebagai negara dengan bentangan wilayah laut yang luas, Indonesia memiliki potensi kekayaan laut yang besar. Selain ikan, komoditas rumput laut Indonesia memiliki potensi ekonomi yang tidak kalah menjanjikan.

Maka itu Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) mentargetkan produksi rumput Iaut nasional tumbuh rata rata 2,92% dalam periode 2020 2024. Sedangkan khusus tahun 2020 ditargetkan produksi rumput Iaut nasional mencapai 10,99 juta ton.

Bukan hal mustahil, dengan wilayah Iautan dari ujung pulau Sumatera sampai dengan Papua, Indonesia memiliki daya saing kompararif tinggi karena Ietak geografis sebagai bagian dari segi tiga karang dunia, dimana 550 jenis rumput laut dunia ada dI Indonesia. Untuk rumput laut ekonomis tinggi seperti Eucheuma cottonii Indonesia diperkirakan memiliki potensi nilai ekonomi hingga mencapai USD10 miliar pertahun.

Namun demikian, dengan potensi besar komoditas rumput laut yang ada tidak serta merta turut meningkatkan kualitas kehidupan nelayan yang memanfaatkan komoditas ini. Harga yang fluktuatif, serta tata niaga yang ada, pada akhirnya para nelayan kurang mendapatkan manfaat yang maksimal atas komoditas yang didapat.

Sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pendapatan nelayan rumput Iaut pun telah dirancang oleh pemerintah. Melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), pemerintah terus melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) untuk komoditas rumput laut ini.

Baca Juga : PKS – NasDem Makin Mesra

Resi Gudang sendiri adalah dokumen surat berharga atas komoditas yang disimpan di gudang yang terdaftar di Pusat Registrasi (Pusreg) Resi Gudang. Untuk saat ini, satu satunya Pusat Registrasi Resi Gudang adalah di PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI Persero.

Perusahaan BUMN plat merah ini mendapatkan izin dari Bappepti sebagai Pusat Registrasi yang memiliki fungsi pencatatan, penyimpanan, pemindahbukuan kepemilikan, pembebanan hak jaminan, pelaporan serta penyediaan sistem dan jaringan informasi Resi Gudang dan Derivatif Resi Gudang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here