Krisis Blanko KTP-el

Ilustrasi. Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Jutaan penduduk Indonesia diketahui masih belum memiliki KTP-el. Buktinya, pada awal 2020, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyediakan 16 juta keping blanko KTP-el. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas data kependudukan. Dari jumlah tersebut, 3,3 juta keping sudah didistribusikan ke berbagai daerah.

“Saat ini di daerah sedang berproses mencetak KTP-el. Dari 3,3 juta keping yang sudah terpakai untuk mencetak KTP-el jumlahnya 1,9 juta. Masih ada 1,4 juta keping stok di daerah dan siap digunakan,” ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/1).

Sementara untuk DKI Jakarta, sebanyak 520.000 keping telah terpenuhi dan ditargetkan selesai pencetakan pada pekan ini. Dia meminta masyarakat aktif menghubungi kelurahan masing-masing untuk mendapatkan KTP-el. “Khusus wilayah DKI Jakarta, kebutuhan sekitar 520.000 keping sudah terpenuhi. Ditargetkan minggu ini seluruhnya tercetak,” jelas Zudan.

Persoalan ini dikritik oleh anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad. Padahal, mayoritas masyarakat sudah melakukan perekaman data. ” Ada persoalan blanko KTP-e. Kenapa tidak kunjung selesai. Setiap kabupaten dan kota di Indonesia kesulitan blanko,” ujar Kamrussamad.

Mayoritas masyarakat sudah melakukan perekaman data, namun belum menerima KTP-el. Alasannya, belum terpenuhinya blanko. Hal ini, lanjutnya, menunjukkan masih amburadulnya perencanaan dan lemahnya evaluasi dalam sistem pembuatan KTP-el.

Dia menilai solusi jangka panjang sedang dikaji. Menurutnya, pengadaan blanko KTP-el diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten/kota dengan nomor induk tunggal tetap berasal dari Kemendagri. “Bagi masyarakat KTP-el ini adalah dokumen pertama dan utama untuk mendapatkan dokumen kependudukan dan keperluan lainnya. Karena itu, pemerintah harus cepat. Agar kebutuhan penting ini bisa segera diatasi,” paparnya.(rh/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here