Jangan Sebar Hoaks Virus Corona!

ISOLASI: Petugas medis mengenakan pakaian pelindung untuk membantu menghentikan penyebaran virus Corona mematikan yang dimulai di Kota Wuhan, Selasa (28/1). Foto: AFP

RADARPENA.ID – Masyarakat diminta jangan membuat resah dengan menyebarkan berita bohong atau hoaks terkait virus corona. Warganet diminta bijak menggunakan media sosial.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memperingatkan agar masyarakat bijak menggunakan media sosial. Terutama menyebarkan informasi tentang virus corona.

“Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya, yang disampaikan oleh institusi resmi,” katanya dalam keterangan persnya, Rabu (29/1).

Johnny menyebut pihaknya telah mendeteksi ada penyebaran hoaks dan disinformasi tentang virus corona di media sosial. Dia pun meminta meminta masyarakat tidak sembarangan mengaitkan berbagai bidang dengan virus corona.

“Hingga saat ini belum ada penyebaran virus corona di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah menyebarkan informasi tentang penyakit tersebut, salah satunya mengenai gejala yang timbul,” terangnya.

Baca Juga : Dinkes Terapkan SKDR, Rumah Sakit Diminta Siaga

Terkait hoaks virus corona, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara telah memberikan sanksi terhadap tiga oknum petugasnya.

Penyebaran informasi berkaitan adanya pasien yang diduga terpapar Corona pada Senin (27/1) disampaikan melalui whatsapp. Dalam informasi itu juga dilampirkan sejumlah foto petugas Instalansi Gawat Darurat (IGD) dan laboratorium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here