Transfer BBM Ilegal, Pelindo 1 Beri Klarifikasi

Salah satu kapal milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 (Persero). (dok. Pelindo 1)
Salah satu kapal milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 (Persero). (dok. Pelindo 1)

RADARPENA.ID – Terkait beredarnya kabar diperiksanya kapal milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 (Persero) oleh Tim Patroli Bea dan Cukai Kanwil Batam, pihak Pelindo 1 memberikan klarifikasi.

Melalui keterangan tertulis yang diterbitkan pada Kamis (23/1) lalu, SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 M. Eriansyah menyampaikan bahwa berita tentang dugaan transfer bahan bakar ilegal di perairan Nipah, adalah tidak benar.

Menurutnya, Kapal KT Sei Deli III milik Pelindo 1 tersebut tengah melakukan pemindahan bahan bakar untuk kapal TB Celebes yang juga milik Pelindo 1.

Baca juga: Elvyn G. Masassya: Pelindo Akan Jadi Holding

“KT Sei Deli III merupakan jenis kapal tunda (tugboat) yang digunakan sebagai sarana pelabuhan untuk membantu menyandarkan kapal ke dan dari dermaga serta melaksanakan pelayanan untuk kegiatan STS (Ship-to-Ship),” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa Bahan bakar tersebut untuk kebutuhan sendiri yang termasuk kebutuhan mesin dan listrik kapal.

“Kami telah melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Kapal TB Celebes sejak Agustus 2019 yang lalu untuk memperkuat pelayaran pemanduan di perairan Nipah. Pelindo 1 juga telah menerapkan Good Corporate Governance (GCG) serta mempedomani aturan dan ketentuan regulasi yang berlaku di wilayah kerjanya,” sambungnya.

Baca juga: Erick Thohir: Pelabuhan Benoa Harus Jadi Kawasan Turis Terpadu Kelas Dunia

Eriansyah menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan operasional yang dilakukan Pelindo 1 untuk pengelolaan STS di Nipah telah didukung dengan izin-izin yang dibutuhkan.

Salah satu izin yang dimaksud ialah izin Pusat Logistik Berikat (PLB) sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor. Kep-01/KPU.02/2019 tentang Penetapan Tempat Sebagai Pusat Logistik Berikat dan Pemberian Izin Penyelenggara Pusat Logistik Berikat Kepada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) yang menunjuk Pelindo 1 sebagai Pusat Logistik Berikat (PLB) serta memberikan izin Penyelenggara PLB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here