Uji SIM, Polda Metro Terapkan e-Drives

Ilustrasi: seorang pemohon SIM menjalani uji mengemudi di Satpas SIM-KB Colombo. (Satlantas Polrestabes Surabaya)

RADARPENA.ID – Polda Metro Jaya akan menerapkan eletronic driving test system (e-Drives) untuk uji praktik berkendara dalam rangka penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM). Perangkat ini dinilai sebagai alat canggih dan akan lebih transparan dalam memberikan penilaian.

Direktuor Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan pihaknya akan menerapkan penilaian ujian praktik SIM secara elektronik dengan e-Drives agar penilaian lebih transparan dan akuntabel.

“Dengan sistem ini diharapkan pemohon SIM akan benar-benar mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, profesional, modern dan terpercaya,” katanya di Jakarta, Minggu (1/12).

Dijelaskannya, e-Drives merupakan sebuah terobosan yang memungkinkan dilaksanakan satu ujian praktik SIM A dan C secara otomatis dan bersamaan. Sebelum melaksanakan uji praktik, peserta akan diberikan pengarahan tata cara pelaksanaan ujian praktik.

“Tes peserta uji praktik satu SIM C meliputi uji pengereman atau keseimbangan, uji zig-zag atau salon, uji angka delapan, uji reaksi rem menghindar, uji berbalik arah membentuk huruf U atau U-turn,” ujarnya.

Baca Juga : Umbar Statmen, Istana-KPK Makin Panas

Sedangkan, uji praktik SIM A meliputi maju dan mundur pada jalur sempit, zig-zag maju mundur, parkir seri dan paralel serta berhenti di tanjakan dan turunan. “Untuk SIM A dan C punya klasifikasi dan penilai yang berbeda,” pungkasnya.

Dikatakannya, uji praktik SIM A dan SIM C juga dapat dilakukan dengan beberapa peserta sekaligus secara simultan. Hasil pengujian dapat dilihat oleh penguji di lapangan yang terintegrasi melalui tablet dan layar monitor untuk menunjukkan ke peserta ujian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here