Sayembara Gagasan Desain IKN, 292 Karya Masuk Tahap Evaluasi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto: JPNN

RADARPENA.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi telah mengumumkan Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) tingkat nasional terhitung sejak 2 Oktober 2019 yang diluncurkan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat ini tercatat 292 peserta yang telah melakukan tahap pemasukan karya dalam situs sayembara ikn.pu.go.id dari keseluruhan 755 peserta yang mendaftar.

Sayembara bertujuan untuk memperoleh berbagai ide maupun gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota,maupun disiplin lain yang terkait di Indonesia.

“Perencanaan dan perancangan IKN ini merupakan langkah awal yang menentukan dalam mewujudkan IKN yang sesuai dengan harapan kita semua. Dalam sayembara ini, kami berharap agar para peserta dapat mencurahkan gagasan-gagasannya untuk mentransformasikan setiap kriteria ke dalam bentuk desain kota yang kita impikan dan akan kita wujudkan bersama,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Minggu (1/12).

Untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan evaluasi administrasi terhadap karya yang masuk mulai tanggal 2 hingga 6 Desember 2019. Selanjutnya proses penjurian akan dilakukan mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Desember 2019 yang melibatkan 13 tim Juri yang telah ditetapkan oleh Menteri PUPR.

Baca Juga : Jalan Tol Bali Ditutup Sementara

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berharap desain kawasan ibu kota baru dapat menerjemahkan visi ibu kota sebagai katalis peningkatan peradaban.

Suharso mengatakan, peningkatan peradaban Indonesia tersebut merepresentasikan bangsa yang unggul dengan memenuhi tiga kriteria utama. Ketiganya yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin lingkungan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan, mewujudkan kota yang cerdas, futuristik, dan berstandar internasional. ”Saat ini, sudah masuk tahap seleksi ya, tentu persainggannya begitu ketat,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here