Tolak Segala Bentuk Politik Uang!

Ilustrasi, Politik Uang. (JawaPos)

RADARPENA.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung menekankan kepada seluruh jajarannya untuk tegas menolak segala bentuk politik uang. Hal tersebut tertuang dalam kesepakatan hasil rapat koordinasi (rakor) bersama stakeholder tingkat Kota Bandarlampung, Kamis (28/11)

Dalam kesepakatan itu juga tertuang isi menolak dalam bentuk apapun segala perilaku atau perbuatan yang mengarah kepada terjadinya praktik politik uang dalam proses Pilkada Bandarlampung 2020.

“Salah satu poinnya adalah menolak segala bentuk tindak politik uang, serta mendukung sepenuhnya segala daya dan upaya jajaran Bawaslu Bandarlampung dalam mewujudkan integritas pilkada,” ucap Anggota Bawaslu Lampung Adek Asy’ari.

Mantan Ketua Bawaslu Bandarlampung ini melanjutkan, poin lainnya yang menjadi kesepakatan adalah mendukung jajaran penyelenggara pemilu untuk mengedepankan kepastian hukum, keadilan. dan partisipasi masyarakat.

“Tentunya itu dilakukan untuk terwujudnya Pilkada Bandarlampung 2020 yang luber, jurdil, transparan, bersih dan berkualitas,” tambahnya.

Penekanan juga dilakukan terhadap netralitas aparatur sipil negara (ASN). Pihaknya menilai kerentanan ASN sangat bisa terjadi dimanapun. Terlebih di daerah yang memiliki petahana. Meskipun Bandarlampung bukan petahana yang akan maju, tapi kerentanan bisa terjadi.

“Kami juga meminta agar pemkot juga menjaga netralitas ASN dari awal hingga berakhirnya pelaksanaan tahapan pilkada. Serta optimalisasi ASN yang ditugaskan pada sekretariat pengawas pemilu secara mandiri dan berintegritas,” ucapnya.

Terakhir, Adek mendorong agar pelaksanaan pilkada bersih dari pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) di luar zona. Serta menegaskan kepada Badan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) dan pihak terkait untuk menindak tegas. (abd/rls/dna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here