Nadiem Dukung Revisi Buku Agama

Nadiem Makarim (berdiri) saat diperkenalkan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendkibud) bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto: Faisal R Syam

RADARPENA.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendukung, terkait rencana Kementerian Agama menulis ulang buku pelajaran agama, untuk memperbaiki konten yang tak sesuai dengan visi beragama moderat.

“Saya selalu mendukung apa arahan Presiden (Presiden Joko Widodo) sama apa yang Pak Menag (Fachrul Razi) ingin lakukan,” kata Nadiem, Kamis (14/11).

Kendati demikian, Nadiem mengaku akan terlebih dulu akan membicarakan rencana tersebut dengan Menteri Agama, Fachrul Razi, untuk meminta penjelasan yang rinci mengenai usulan itu.

“Saya belum mau bicara banyak soal usulan tersebut. Karena belum sempat berdiskusi dengan Fachrul Razi, nanti kami bicarakan dulu,” ujarnya.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Saadi menilai pentingnya melakukan restorasi pendidikan Islam, bukan hanya pesantren, tetapi pada seluruh kelembagaan pendidikan Islam dalam rangka memenuhi target-target yang tertunda.

Baca Juga : Jabatan Ahok Diputuskan Bulan Depan

“Tidak hanya pesantren, tapi kita perlu melakukan restorasi pendidikan Islam secara keseluruhan,” ujarnya.

Menurut Zainut, akhir tahun 2019 ini umat Islam mempunyai dua momentum penting. Pertama, masuknya program deradikalisasi dalam naskah RPJMN 2019-2024 yang akan menjadi landasan lima tahun kedepan dalam mainstreaming moderasi beragama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here