Data Ulang Pengemudi Ojek Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (JawaPos)

RADARPENA.ID – Aplikator ojek online diminta untuk mendata ulang para pengemudinya. Hal ini terkait aksi bom bunuh diri oleh pelaku yang menggunakan atribut atau jaket ojek online di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11).

Desakan pendataan ulang pengemudi ojek online datang dari pengamat transportasi Djoko Setijowarno. Dia menegaskan para aplikator segera melakukan pendataan ulang. “Semua driver ojek online harus kembali didata ulang, tidak bisa tidak,” ujarnya, Rabu (13/11).

Dia juga meminta agar pemerintah mendorong kepada para aplikator untuk melakukan pendataan tersebut. “Perlu dievaluasi mengingat para pengemudi ojek online ini, masyarakat tidak banyak tahu tentang latar belakang mereka,” katanya.

Menurutnya selama ini para pengemudi ojek online hanya bersentuhan dengan aplikator saja. Karenanya, pendataan pengemudi ojek online itu penting jika memang ada hal-hal yang diperlukan. Karena akibat lemahnya pendataan tersebut maka banyak pengemudi ojek online yang tidak terdata.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau aplikator, untuk memperketat seleksi calon pengemudi ojek online. “Tentu ini menjadi suatu evaluasi bagi kita bagi operator, kalau itu memang pengendara online, untuk melakukan seleksi secara baik, baik melalui tatap muka walaupun melalui suatu penelitian secara acak apa yg dikomunikasikan oleh yang bersangkutan,” katanya.

Baca Juga : Pintu Masuk Ungkap Jaringan Teroris

Menurut dia, dengan cara seleksi ketat bisa mencegah perilaku-perilaku yang menyimpang yang berpotensi dilakukan oleh pengemudi ojek daring. “Dengan cara seleksi yang baik dengan cara melakukan pengamatan yang baik, pasti kita akan kurangi kejadian-kejadian ini,” katanya.

Budi juga akan memanggil aplikator untuk mengkaji ulang proses penerimaan atau rekrutmen pengemudi. “Kita akan undang aplikator kita akan kaji kembali proses rekrutmen dari mereka dan tentunya akan ada suatu harapan tahapan rekrutmen ini mesti ada tatap muka,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here