Komitmen Kapolri Tuntaskan Kasus Novel

Kapolri Jenderal Idham Azis di Gedung DPR RI. Foto: Faisal R Syam

RADARPENA.ID – Jenderal Polisi Idham Azis kembali menyatakan komitmennya untuk mengungkap kasus teror yang menimpa penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dan jajaran KPK lainnya pasca dilantik sebagai Kapolri.

Hal ini ia sampaikan usai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (4/11).

Idham menyatakan, dirinya akan terlebih dahulu menunjuk Kepala Badan Resor Kriminal (Kabareskrim) Polri yang baru. Dalam proses pemilihan, ia menyatakan akan berkonsultasi dengan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri untuk memastikan sosok tepat yang mengisi pos Kabareskrim.

“Komitmennya sesudah itu adalah secepatnya kita akan mengungkap baik kasus Novel maupun kasus-kasus yang menjadi atensi yang terjadi di KPK,” ujar Idham.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol M Iqbal menjelaskan, setiap kasus yang ditangani pihaknya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sehingga, ia menuturkan, kasus teror yang menimpa Novel dan jajaran KPK lainnya tidak bisa disamakan dengan perkara lain.

Baca Juga : Pekan Ini, Menhan Prabowo Kunker ke Pabrik Senjata

Ia membeberkan, tim teknis bentukan Polri sejauh ini telah berhasil mengungkap temuan-temuan yang signifikan terkait proses investigasi kasus Novel. Namun, ia mengaku tak bisa mengungkap temuan tersebut lantaran khawatir dapat berimbas pada kinerja tim selama ini.

“Tim teknis pencari fakta ini bekerja sangat tertutup, berbeda sekali dengan tim pencari fakta yang terbuka. Kita melakukan teknik kepolisian yang spesifik, undercover, dan sebagainya,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here