DPR Sosialisasikan RKUHP Sebelum Disahkan

Ilustrasi. Foto: Net

RADARPENA.ID – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan segera mensosialisasikan Rancangan KUHP dan Rancangan Undang-Undang tentang Pemasyarakatan yang sempat ditolak masyarakat. Tujuannya agar dipahami seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry, mengatakan, pihaknya sedang menyusun jadwal untuk menyosialisasikan Rancangan KUHP dan Rancangan Undang-Undang tentang Pemasyarakatan.

“Ya kan sesuai semangatnya UU itu harus disosialisasikan kembali, sekarang tugas Komisi III masih menyusun jadwal untuk menyosialisasikan dua RUU yaitu, RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan,” kata Herry, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (4/11).

Baca Juga : Cabut RKUHP, Bukan Ditunda

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan keputusan Rapat Konsinyering Komisi III DPR pekan lalu, yaitu menyosialisasikan kedua RUU tersebut kepada kelompok masyarakat dan kalangan kampus.

Herry menyarankan agar kedua RUU tersebut disosialisasikan bukan dibahas lagi. Sebab kalau dibahas maka berarti dibongkar kembali.

“Saya sebagai Ketua Komisi III DPR menyarankan untuk melakukan sosialisasi, bukan pembahasan. Pembahasan dengan sosialisasi adalah berbeda, kalau pembahasan dibongkar kembali, kalau sosialisasi kita mensosialisasikan,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan sosialisasi kedua RUU tanpa perubahan substansi. Namun kalau dalam proses sosialisasi ada hasil yang dinilainya substansial dan sangat prinsip maka bisa dipikirkan kembali.

Menurutnya, sosialisasi tersebut ingin mencari tahu apa yang menjadi penolakan masyarakat terhadap kedua RUU tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here