TPG Rp 48,5 M untuk 11.483 Guru Cair

Ilustrasi. Foto: jawapos

RADARPENA.ID – Tunjangan Profesi Guru (TPG) TK, SD dan SMP PNS triwulan III tahap 1 Kabupaten Banyumas mulai cair, Rabu (30/10).

Kepala Seksi PGTK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Edi Saptono SPd MPd mengatakan, dari laporan realisasi penyaluran TPG TK, SD dan SMP PNS triwulan III bulan Juli sampai September tahap ke 1 total jumlah guru sebanyak 11.483 dengan nominal Rp 48.504.931.520. “Guru TK 404 orang, SD 10.983 orang dan SMP 96 orang,” katanya.

Edi menjelaskan jumlah guru penerima TPG sejak Juli sampai September mengalami penurunan. Hal itu terlihat pada jenjang SD. Penurunan bisa disebabkan karena guru memasuki masa pensiun atau meninggal dunia. “Tidak bertambah. Menurun iya,” terang dia.

Baca Juga : Puluhan Guru Dikirim ke Perbatasan Malaysia

Dirinya melanjutkan, untuk proses pencairan TPG triwulan III tahap kedua masih terus diproses untuk 1.963 guru dengan nominal Rp 23.618.238.300.

Pencairan TPG dibagi menjadi dua tahap dikarenakan terbitnya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) guru yang tidak serempak. Oleh karena itu bagi guru yang SKTP sudah terbit tanpa kendala, maka TPGnya bisa lebih cepat dicairkan.

“SKTP menjadi penentu apakah guru yang bersertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya akan cair atau tidak,” pungkas Edi. (yda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here