Jembatan Youtefa, Ikon Baru Tanah Papua

Jembatan Youtefa, ikon baru Tanah Papua yang dibangun berkat sinergi antara Hutama Karya, PP, dan Nindya Karya. (dok. Hutama Karya)
Jembatan Youtefa, ikon baru Tanah Papua yang dibangun berkat sinergi antara Hutama Karya, PP, dan Nindya Karya. (dok. Hutama Karya)

Lebih lanjut Indrayana juga memaparkan kabar gembira lainnya dimana jembatan ini akan menjadi sarana pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Papua.

“Untuk persiapan PON, jembatan ini akan memudahkan para peserta karena dapat memperpendek waktu tempuh menuju venue beberapa cabang olahraga di Kawasan Koya, Muara Tami,” kata Indrayana.

Dibangun sejak 2015 lalu, Jembatan Youtefa menelan dana sekitar Rp1,8 triliun dengan sumber pendanaan dari APBN. Dinamakan demkian, karena jembatan dengan konstruksi dua pelengkung baja berwarna merah nan megah tersebut dibangun di atas Teluk Youtefa.

Baca juga: Hutama Karya Boyong Dua Penghargaan BUMN Hadir Untuk Negeri 2018

Jembatan Youtefa membentang sepanjang sekira 1.800 meter dengan lebar 17 meter. Jembatan tersebut digadang-gadang menjadi ikon baru Kota Jayapura sebagai simbol pertumbuhan ekonomi dan kemajuan infrastruktur di wilayah timur.

Uniknya, perakitan bentang tengah jembatan ini tidak dilakukan di lokasi pembangunan melainkan di Surabaya oleh PT PAL Indonesia. Setelah dirakit, bentang tengah kemudian dikirim menuju Papua menggunakan kapal laut.

Berkat prosesnya yang unik itu, pembangunan jembatan ini sempat meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan predikat rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

“Ini merupakan amanah bagi Hutama Karya dan kami akan terus hadir untuk membangun infrastruktur besar lainnya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri,” pungkas Indrayana. (rls/alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here