Jembatan Youtefa, Ikon Baru Tanah Papua

Jembatan Youtefa, ikon baru Tanah Papua yang dibangun berkat sinergi antara Hutama Karya, PP, dan Nindya Karya. (dok. Hutama Karya)
Jembatan Youtefa, ikon baru Tanah Papua yang dibangun berkat sinergi antara Hutama Karya, PP, dan Nindya Karya. (dok. Hutama Karya)

RADARPENA.ID – Bertepatan dengan peringatan ke-91 Hari Sumpah Pemuda, PT Hutama Karya (Persero) menuntaskan lagi satu karyanya. Sebuah jembatan megah berhasil terbentang membelah Teluk Youtefa di Papua.

Mega proyek infrastruktur itu terwujud berkat sinergi PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero), Tbk. sebagai leader project, PT Hutama Karya (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Presiden Joko Widodo meresmikan langsung jembatan tersebut pada Senin (28/10) lalu. Turut mendampingi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga: Gelar Workshop, Hutama Karya Hadirkan Ahli Jalan dari Amerika

Hadir pula Plt. Kapolri Komjenpol Ari Dono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Guberur Provinsi Papua Lukas Enembe, dan Direktur Operasi Hutama Karya Mohammad Indrayana.

Presiden Joko Widodo saat peresmian Jembatan Youtefa, Senin (28/10) lalu. (dok. Hutama Karya)
Presiden Joko Widodo saat peresmian Jembatan Youtefa, Senin (28/10) lalu. (dok. Hutama Karya)

Melalui sambutannya, Presiden menyampaikan rasa senangnya dapat meresmikan jembatan Ia impikan di kota Jayapura tersebut. Ditambah, kegiatan peresmian itu adalah kunjungan kerja pertamanya pascadilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

“Jembatan menjadi tonggak sejarah di tanah Papua. Bukan hanya simbol penting yang menyatukan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air namun juga simbol sumpah kemajuan untuk membangun tanah Papua. Tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia karena Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan merawat tanah Papua,” tutur Jokowi.

Baca juga: JTTS Sukses, Menteri BUMN Apresiasi Hutama Karya dan Waskita Karya

Sementara itu, Mohammad Indrayana menyampaikan bahwa dengan diresmikannya Jembatan Youtefa ini akan menjadi solusi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Cendrawasih tersebut.

“Hutama Karya sangat bangga dapat terlibat dalam pembangunan jembatan ikonik ini. Tentu dengan terbangunnya Youtefa ini manfaatnya sangat banyak. Yang paling terlihat adalah waktu tempuh dari Kota Jayapura jika ingin menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan lebih cepat menjadi hanya sekitar 30-45 menit saja, dari semula 1,5 hingga 2 jam. Seperti kita tau Skouw juga menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan,” jelas Indrayana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here