Jadi Wamenlu, Tugas Berat Menanti Mahendra Siregar

Mahendra Siregar resmi ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Foto: Syaiful Amri

RADARPENA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), resmi menunjuk Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Usai bertemu Jokowi, Mahendra mengaku diminta untuk mengawal kebijakan perdagangan luar negeri. Salah satunya, terkait penyelesaian urusan Generalized System of Preferences (GSP) dengan Amerika Serikat.

“Pak Jokowi meminta saya menyelesaikan urusan GSP dengan Amerika Serikat. Karena hal ini, membawa dampak langsung yang bisa mencapai peningkatan nilai perdagangan Indonesia dan Amerika 2 kali lipat,” kata Mahendra di Jakarta, Jumat (25/10) .

Mahendra menjelaskan, GSP adalah kebijakan perdagangan Amerika Serikat. Kebijakan ini bertujuan mendorong pembangunan ekonomi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dengan membebaskan bea masuk ribuan produk mereka ke Amerika Serikat.

“Pemerintah Amerika Serikat sempat menyampaikan akan mengevaluasi fasilitas GSP yang diberikan ke Indonesia. Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa Indonesia tidak memenuhi beberapa kriteria GSP,” terangnya.

Baca Juga : Melihat Kiprah 12 Wamen yang Baru Ditunjuk Jokowi

Selain itu, Mahendra mengaku bahwa dirinya juga diminta untuk melakukan peningkatan investasi perdagangan luar negeri yang mencakup keberlanjutan industri sawit.

“Menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia sangat penting, apalagi kita melakukan proses turunan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here