Deadline Satu Tahun untuk Wamen 

Yang ketiga, Zainut Tauhid Sa’adi. Menurut Presiden, dirinya dan Wakil Presiden memberikan kepercayaan kepada Zainud Tauhid menjadi Wakil Menteri Agama. “Beliau sudah lama menjadi Wakil Ketua MUI Pusat. Dan saya tadi sampaikan agar memberikan dukungan membantu Pak Menteri Agama,” kata Presiden.

Keempat, Wakil Menteri Keuangan. Karena portofolionya besar, Presiden Jokowi tak ragu menunjuk Suahasil Nazara sebagai Wakil menteri Keuangan. ”Beliau sudah berkecimpung di Kementerian Keuangan lama, jadi tidak perlu diragukan lagi. Sehingga optimalisasi anggaran agar tepat sasaran memberikan manfaat pada rakyat akan bisa dilakukan,” ujarnya.

Yang kelima, lanjut Presiden, Jerry Sambuaga. Masih muda, putra Sulawesi Utara, S1-S2-nya di Amerika. ”Nanti akan memberikan dukungan dan bantuan kepada Menteri Perdagangan karena beliau kita percaya menjadi Wakil Menteri Perdagangan. Dan juga akan memberikan backup penuh agar perjanjian-perjanjian perdagangan dengan negara-negara lain bisa diselesaikan, juga meningkatkan ekspor kita ke negara-negara non-tradisional,” terang Presiden.

Yang keenam, John Wempi Wetipo. Putra Papua, orang asli Papua, sehingga dari tanah Papua ada dua. ”Beliau saya kira pengalamannya kita tahu, beliau pernah menjadi Bupati di Jayawijaya dua periode. Jadi enggak usah diragukan lagi. Beliau akan menjadi Wakil Menteri PUPR, terutama dalam pengawasan proyek-proyek infrastruktur yang banyak sekali di Indonesia dan terutama di Indonesia Bagian Timur,” kata Presiden Jokowi.

Yang ketujuh Aloe Dohong. “Kita percaya untuk menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Beliau putra Dayak, S2 di Inggris, S3-nya di Australia, dan beliau memang sudah berkecimpung lama di Badan Restorasi Gambut. Jadi akan membantu Ibu Siti Nurbaya dalam pelestarian hutan dan alam kita,” ucap Presiden.

Kemudian yang kedelapan Budi Arie Setiadi. Karena kita memiliki 74.800 desa di seluruh tanah air, menurut Presiden, Menteri Desa perlu diberikan back up agar pengawasan Dana Desa yang sudah mencapai lebih dari Rp70 triliun per tahun inanti bisa dilakukan pengawasan sehingga memberikan hasil-hasil yang baik kepada desa-desa kita. ”Beliau kita beri kepercayaan untuk menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT),” kata Presiden Jokowi.

Yang kesembilan Surya Tjandra. ”Kita percaya menjadi Wakil Menteri ATR/Kepala BPN. Tugas-tugas besar di sana banyak sekali terutama nanti akan membantu Pak Menteri di dalam menyelesaikan konflik-konflik agraria, sengketa-sengketa lahan,” kata Presiden seraya menambahkan, tadi dirinya sudah memberikan target dalam satu tahun harus selesai apa-apa, sudah semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here