Deadline Satu Tahun untuk Wamen 

PELANTIKAN 12 WAMEN: Presiden Joko Widodo melantik 12 Wakil Menteri (Wamen) Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (25/10). Jokowi meminta Wamen bisa bersinergi dengan pembagian tugas. Jika dinilai tak mampu, maka cukup satu tahun durasi yang diberikan. Foto: Syaiful Amri

RADARPENA.ID – Presiden Joko Widodo melantik 12 Wakil Menteri (Wamen) Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB, kemarin (25/10). Jokowi meminta Wamen bisa bersinergi dengan pembagian tugas. Jika dinilai tak mampu, maka cukup satu tahun durasi yang diberikan.

”KPI (Key Performance Indicator) kita jelas, konkret, dan semuanya didasarkan pada kalkulasi-kalkulasi yang jelas. Kalau satu tahun tidak terlihat hasilnya, ya terpaksa kita berhentikan. Kita ingin dengan keberadaan Wamen bisa maksimal dan berkemajuan,” tegas Presiden saat memperkenalkan 12 wamen tersebut.

”Beliau-beliau yang akan memberikan dukungan pada tugas-tugas menteri. Menurut saya profilnya sangat-sangat bagus dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju,” kata Presiden Jokowi.

Yang pertama diperkenalkan oleh Presiden Jokowi adalah Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. ”Yang tadi pagi saya sampaikan tugas khusus yaitu diplomasi ekonomi, terutama yang berkaitan dengan perjanjian-perjanjian perdagangan dan investasi,” ujarnya.

Menurut Presiden, kita telah menyelesaikan, misalnya Indonesia Australia CEPA. Sementara yang belum- belum Presiden memberikan target kepada Wakil Menteri Luar Negeri agar juga bisa segera diselesaikan.

Baca Juga : Bertemu Megawati, Gibran Diminta Baca Buku

”Ada empat belas atau lima belas negara yang kita memerlukan perjanjian perdagangannya, terutama dengan Uni Eropa. Pak Mahendra Siregar,” kata Presiden Jokowi. Kemudian yang kedua, Sakti Wahyu Trenggono, profesional, sangat berpengalaman dalam mengkorporasi, akan menjadi Wakil Menteri Pertahanan.

”Saya berikan tugas khusus yaitu agar bisa mengembangkan industri-industri strategis pertahanan kita, yang nanti juga akan memberikan dukungan kepada Menteri (Pertahanan, red), Bapak Prabowo Subianto,” kata Presiden Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here