Tiga Ring Pengamanan Pelantikan Presiden

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: Ist

RADARPENA.ID – Jumlah personel pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 ditambah. Dari sebelumnya 27 ribu menjadi 30 ribu.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan melibatkan personel dari seluruh Polda se-Indonesia pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10). Terutama Polda di sekitarnya. Antara lain, Polda Jawa Barat, Polda Banten, dan Jawa Tengah.

Dedi menegaskan, seluruh jajaran Polda ini akan disiagakan penuh menjelang pelantikan Presiden. Sementara itu, untuk pengamanan langsung di lapangan atau lokasi kegiatan akan disiapkan, sebanyak 30 ribu personel gabungan.

“Jadi, seluruh jajaran Polda dilibatkan guna melakukan pengamanan masing-masing di tiap wilayahnya masing-masing. Sedangkan, untuk pengamanan langsung juga ditambah dari 27 ribu, menjadi 30 personel. Terdiri dari TNI-Polri, pemda setempat dan pihak terkait lainnya,” jelas Dedi di Mabes Polri, Selasa (15/10).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kabaharkam Polri Komjen Pol Condro Kirono, Dedi menyebut, pengamanan saat pelantikan Presiden nanti pun akan dipimpin oleh TNI, sedangkan kepolisian siap membantu. Kemudian, lanjut Dedi, dari total 30 ribu personel itu akan dibagi menjadi tiga ring.

Baca Juga : MPR Sepakati Jam Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih

“Kita akan gunakan pola pengamanan tiga ring, dan setiap ring itu akan disiapkan personel. Pertama, di ring satu atau tempat kegiatan sebanyak 2.000 personel, kemudian ring 2 sekitar gedung DPR/MPR sebanyak 5.000 personel,” ungkap Dedi.

Sementara itu, lanjut Dedi, sisa personel lainnya nanti akan disiagakan pengamanan di sepanjang perjalanan, termasuk pada jalur-jalur tamu kenegaraan, karena kemungkinan akan ada warga yang melihat perjalanan setelah pelantikan presiden dari jalan Sudirman ke Istana Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here