Para Perusuh Bergerak ke Mimika

Ilustrasi, Kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Foto: ist

RADARPENA.ID – Para perusuh yang berasal dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) disinyalir mulai bergerak ke Mimika, Papua untuk mencoba membuat keonaran. Pergerakan para pelaku tercium aparat keamanan.

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw dalam keterangannya mengingatkan jajarannya terutama anggota Polres Mimika dan Brimob Batalyon B Polda Papua di Timika beserta pasukan satgas khusus di wilayah itu agar mewaspadai pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Ada kelompok bersenjata di daerah pedalaman sana yang sudah mengarah ke sini. Jadi, jangan pernah lengah,” katanya, Senin (14/10).

Paulus menegaskan kehadiran personel Polri dan TNI di wilayah-wilayah yang rawan dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Anggota harus bisa membedakan mana orang biasa dan mana orang luar biasa,” katanya.

Baca Juga : Vanuatu Pendukung Separatisme di Papua

Dia juga meminta para komandan pasukan satgas khusus maupun BKO dari berbagai polda agar selalu mengingatkan anggotanya dalam hal disiplin agar tetap memperhatikan body system serta tidak boleh bepergian sendiri-sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan anggota tersebut.

Sebagai bukti pergerak perusuh mengarah ke Mimika, aparat Polres Mimika berhasil menyita ratusan anak panah, busur, kampak, parang dan senjata tajam lainnya serta sejumlah atribut Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di sebuah rumah di kawasan Benglap Kelurahan Karang Senang SP3, samping SMP Negeri 4 Mimika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here