Pembangunan Wamena Dikawal Ketat TNI

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Foto: jawapos

RADARPENA.ID – Pemerintah akan membangun kembali sejumlah fasilitas yang rusak akibat kerusuhan di Wamena, Jayapura, Papua. Untuk mempercepat pembangunan, personel TNI dilibatkan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dia mengatakan pemerintah ingin cepat membangun fasilitas rusak akibat rusuh. Kementerian PUPR pun mengajak TNI bekerjasama dalam pembagunan.

“Kami akan kerjasama dengan Zeni TNI seperti halnya kami tangani perbatasan dan bencana lain, kami kerjasama dengan TNI supaya lebih cepat,” ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Selain itu, menurutnya, personel TNI dibutuhkan agar pembangunan fasilitas berjalan dengan aman. Pasalnya, banyak pekerja proyek yang takut bekerja di Wamena.

“Ya persoalannya siapa yang berani. Banyak yang kabur (pekerja) karena takut. Saya saja kalau mau ke sana kontak dulu aman atau enggak. Selain itu kita butuh orang banyak dan supaya lebih cepet. Kalau saya bawa tukang dari luar kan susah juga,” jelasnya.

Baca Juga : Trauma Bayangi Warga Wamena

Dikatakannya, ada 10 kantor pemerintahan yang mengalami kerusakan berat. Sementara, 8 kantor dan 26 sarana pendidikan rusak ringan akibat kerusuhan.

“10 kantor pemerintah yang rusak berat, seperti kantor Badan Pengelola Keuangan, Rektorat, Diskominfo, Satpol PP, BLH, PLN, dan Dishub,” bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here