27 Ribu Aparat Gabungan Kawal Pelantikan Presiden

Ilustrasi, Aparat Gabungan. (Ist)

RADARPENA.ID – Sebanyak 27 ribu aparat gabungan akan dikerahkan mengamankan agenda pelantikan Presiden dan wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, pada 20 Oktober 2019. Mereka terdiri atas unsur TNI, Polri, Pemda setempat, dan intansi terkait.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Asep Adi Saputra mengatakan, agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih menjadi fokus Polri. Ini merupakan bagian dari operasi Mantap Brata yang dilaksanakan kepolisian guna mengawal dan mengamankan pesta demokrasi negeri ini.

“Ya, sudah suatu keharusan bagi kami (Polri) untuk memastikan pelaksanaan pelantikan Presiden ini bisa berjalan aman, lancar dan kondusif. Dan memang agenda ini, merupakan rangkaian dari Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan pesta demokrasi,” kata Asep Selasa (8/10).

Baca Juga : MPR Mundurkan Waktu Pelantikan Presiden

Asep menegaskan, dalam rangkaian pengamanan pesta demokrasi, pelantikan Presiden merupakan agenda terakhir dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata. Tentunya harapan Polri bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Untuk memastikan kegiatan ini, sebanyak 27 personel gabungan yang disiagakan. Mereka akan menjalankan tugasnya secara profesional dan maksimal demi terlaksananya dengan aman, lancar dan kondusif bersama aparat TNI dan intansi terkait lainnya,” ungkap Asep.

“Dari 27 personel gabungan yang dikerahkan nanti, akan disebar ke sejumlah titik. Dan perlu kami sampaikan, Operasi Mantap Brata ini seluruh jajaran Polri se-Indonesia terlibatkan di wilayahnya masing-masing, tapi tetap focus utamanya di wilayah Ibukota Jakarta,” sambungnya.

Asep menuturkan, Polri berharap kegiatan ini dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. Tentunya, ini juga pastinya diharapkan oleh warga masyarakat, khususnya warga ibu kota. Dengan demikian, pihaknya pun mengajak seluruh masyakat bisa ikut serta mengamankan pelantikan presiden ini.

“Jadi, perlu disampaikan setelah agenda ini selesai, maka operasi Mantap brata Polri 2019 pun resmi berakhir, sehari setelahnya atau tanggal 21 Oktober 2019. Untuk itu, kami berharap acara ini bisa ditutup dengan aman, lancar dan kondusif,” tandasnya.(Mhf/gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here