Tak Ada Kasus Karhutla yang Di-SP3

Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Sebanyak 171 berkas kasus dugaan tindak pidana pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus diteliti Tim Jaksa peneliti Kejaksaan RI. Penelitian dilakukan untuk memenuhi unsur formil dan materil.

Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan proses penelitian 171 berkas perkara karhutla di seluruh Indonesia masih dilakukan tim jaksa peneliti. Para jaksa peneliti terus melihat apakah berkas perkara telah memenuhi unsur formil dan materil. Dengan demikian, hingga saat ini belum ada berkas perkara yang dinyatakan lengkap atau P21.

“Masih diteliti sekarang (berkasnya), jadi belum ada yang tahap dua (pelimpahan tersangka dan barang bukti),” katanya di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (4/10).

Dia menjelaskan jika nantinya hasil penelitian berkas perkara oleh tim jaksa dinyatakan telah memenuhi unsur formil dan materil, maka berkas dinyatakan lengkap atau P21. Setelah itu penyidik melakukan pelimpahan tahap dua.

“Belum ada yang tahap dua ya. Kalau sudah ada, kami akan segera siapkan untuk dilimpahkan ke Pengadilan,” jelasnya.

Baca Juga : Karhutla, Polri Tak Percaya Pemberitaan Media

Hingga saat ini, kata Prasetyo, Kejaksaan telah menerima 171 berkas perkara kasus dugaan tindak pidana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari penyidik Polri. Jumlah ini merupakan hasil penyidikan yang dilakukan oleh penyidik Polri di seluruh Indonesia.

Dari 171 berkas perkara terdapat 12 berkas perkara yang merupakan korporasi. jika ditotal untuk jumlah tersangka perorangan sebanyak 192 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here