Pengembangan Iptek Penerbangan dan Antariksa Sangat Butuh SDM

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). (Ist)

RADARPENA.ID – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sangat banyak membutuhkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) bidang penerbangan dan antariksa. Namun, sayangnya hal tersebut tak dapat terwujud.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan faktor anggaran menjadi kendala. Padahal menurutnya banyak generasi muda yang tertarik dengan ilmu antariksa dan penerbangan.

“Keterbatasan SDM dan anggaran jadi kendala dalam pengembangan iptek penerbangan dan antariksa. Minat generasi muda pada iptek penerbangan dan antariksa sesungguhnya cukup besar,” katanya, Senin (12/8).

Baca Juga : Kualitas SDM Meningkat, Lapangan Kerja Tak Tersedia

Terlebih, menurutnya, rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk peneliti dan perekayasa bidang penerbangan dan antariksa selama ini masih sangat terbatas.

“Saat ini kami masih kekurangan SDM untuk mengerjakan program-program pengembangan iptek penerbangan dan antariksa,” ujarnya.

Dia mengatakan, LAPAN sangat berharap pemerintah menambah dan meningkatkan kualitas SDM bidang iptek sejalan dengan program pemerintah untuk membangun sumber daya manusia.

Thomas juga mengemukakan LAPAN sedang berupaya mewujudkan visi menjadi pusat unggulan iptek penerbangan dan antariksa dalam usaha mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri.

“Dengan SDM yang unggul, kita pacu Indonesia yang maju dan mandiri. Tentu saja itu dibangun dengan membina SDM yang unggul di bidang iptek penerbangan dan antariksa,” katanya.(gw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here