Hari Ini Berangkat ke Arafah

Ilustrasi. Foto: Dok. Kemenag

RADARPENA.ID – Seluruh jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba di Arab Saudi berjumlah 212.732 jamaah yang tergabung dalam 529 kelompok terbang (kloter).

Selanjutnya, jamaah haji ini akan diberangkatkan menuju Arafah hari ini (9/8). Jamaah haji Indonesia, karena jumlahnya sangat banyak, maka akan dilakukan pemberangkatan secara bertahap.

Pada 9 Zulhijjah, atau Sabtu (10/8) pagi, jamaah sudah harus berada seluruhnya di Arafah, kata Menteri Agama Lukman Saifuddin, di Makkah, kemarin (8/8).

Menurut Menag, jemaah akan diangkut ke Arafah menggunakan 21 bus yang telah disiapkan bagi masing-masing maktab. Ia juga menyampaikan, fase pemberangkatan jemaah haji dari Makkah ke Arafah pada 8 Zulhijjah yang bertepatan dengan 9 Agustus ini akan terbagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama, adalah jemaah yang akan diberangkatkan pada pukul 07.00 12.00 WAS. Kedua, jemaah yang diberangkatkan pada pukul 12.00 16.00 WAS. Ketiga, pemberangkatan jemaah pada pukul 16.00 24.00 WAS.

Baca Juga : Depresi, Jamaah Haji Tersasar

“Tiga tahapan itulah yang harus dipahami oleh jemaah kita, agar meereka tidak perlu menunggu di luar hotel. Sudah ada petugas-petugas yang memandu, jadi sebaiknya jemaah menunggu di kamar sebelum waktunya keberangkatan,” kata Menag.

Ia juga mengungkapkan untuk pertama kalinya tenda di Arafah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) pada musim haji 1440H/2019M kali ini. “Ini bukan hanya untuk kenyamanan, tetapi juga untuk kesehatan jemaah selama melaksanakan wukuf di Arafah,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here