Pansel Cari Kandidat Pimpinan KPK yang Kuat Menghadapi Tekanan

Ilustrasi: Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK Yenti Garnasih didampingi anggota Pansel mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi tahap I, di Kemensetneg, Jakarta, Kamis (11/7). Foto: Dok. Seskab

RADARPENA.ID – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menggelar profile assessment. Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih menyampaikan, proses seleksi tahap empat ini dilakukan lebih mendalam terkait kesiapan psikologis dari masing-masing peserta.

“Kami akan mencari komisioner yang punya ketahanan karena akan menghadapi banyak tekanan nantinya,” kata Yenti di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta, Kamis, (8/8).

Tahapan profile assessment ini akan berlangsung selama dua hari kedepan, hari ini dan besok, Jumat, (9/8). Dalam tahapan ini, Yenti menyebutkan, Pansel akan mencari tahu sejauh mana para Capim ini dalam menyikapi mengenai pemberantasan korupsi, monitoring, dan suprevisi terhadal kasus – kasus yang akan dihadapi mereka kedepanya.

Baca Juga : Disayangkan, Capim KPK Petahana Tetap Lolos

Menurut Yenti, sangat penting untuk Pansel dalam memperhatikan hal – hal tersebut. Karena menurutnya, para Capim ini harus memiliki tingkat kepemimpinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas – tugas di KPK. “Pansel harus melihat permalasahan itu, dan sudah muncul jadi langkah – langkah antisipasi. Hal-hal ini akan ditanyakan ke mereka (Capim) oleh para ahli besok,” ucap pakar hukum Universitas Trisakti ini.

Nantinya dari proses tersebut, Pansel akan memberikan penilaian – penilaian. Dari penilaian tersebut, dia mengatakan, pertimbangan yang dilakukan yakni bagaimana mereka benar – benar tahu tentang apa yang dihadapi ketika nantinya menjadi komisioner KPK atau pimpinan KPK.

“Jadi kita melihat mereka paham atau tidak. Karena walau bagaimanapun juga, mereka akan membawahi para penyidik – penyidik, ada penegak hukumnya, ada penuntut umumnya,” tegasnya.

Hal ini seakan menjawab kekhawatiran mantan ketua KPK, Abraham Samad terhadap hal ini. Sebelumnya, Abraham Samad berharap Pansel Capim KPK dapat menekankan strategi tentang perlindungan terhadap para pekerja KPK kepada 40 Capim KPK yang sedang diseleksi saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here