Anggaran Dana Desa Tahap Pertama, Bangun MCK

Kepala Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna H Misbah meletakan batu pertama pembangunan MCK, Sabtu (4/5) (Radika Robi Ramdani/radartasikmalaya.com)

RADARPENA.ID – Pemerintah Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna merealisasikan dana desa (DD) tahap pertama tahun ini untuk pembangunan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Kampung Tarikolo, Sabtu (4/5).

Kepala Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna, H Misbah mengatakan pembangunan ini merupakan hasil musyawarah dan usulan dari masyarakat untuk pembangunan satu MCK ukuran 3×9 meter.

“Alhamdulillah ini sesuai keinginan warga RW 3 yang menginginkan adanya MCK memadai. Kemudian ada warga yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan MCK seluas dua bata,” ujarnya kepada Radar disela peletakan batu pertama pembangunan MCK.

Lanjut dia, pembangunan MCK ini sepenuhnya diserahkan atau dikerjakan oleh masyarakat secara swakelola. Maka dari itu, masyarakat harus benar-benar mampu menjaga dan merawat bangunan ini.

“Dengan adanya pemenuhan kebutuhan dasar warga berupa sanitasi yang layak, tentu akan berimbas pada kualitas hidup warga desa semakin baik,” terangnya

Selain pembangunan MCK, kata dia, tahun ini akan dilakukan juga pembangunan tembok penahan tanah (TPT), jalan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan pemberian alat bantu untuk anak disabilitas, pelatihan servis HP yang bekerja sama dengan BLK, modal BUMDes perbengkelan dan latihan baki lamaran.

Tempat yang sama, Camat Singaparna Drs Denden Trio mengatakan setelah pembangunan ini diharapkan masyarakat berpartisipasi dalam menjaga kebersihannya. Sehingga kenyamanan menggunakan fasilitas umum ini bisa terjaga.

“Diharapkan sebagian bantuan dana desa dapat dialokasikan untuk pembangunan sanitasi layak seperti ini, sehingga dapat mendukung terwujudnya penduduk yang sehat dan produktif,” harapnya.(obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here