6 Tips Atasi Kecemasan Dalam Perjalanan

Ilustrasi travel. (Istimewa)

RADARPENA.ID – Saat kita bepergian, perjalanan bisa menjadi petualangan yang menyenangkan. Namun, bagi sebagian orang perjalanan juga dapat memicu kecemasan dan mengakibatkan stres.

Baik itu menghabiskan waktu berjam-jam di kabin pesawat yang sempit atau mencari rute jalan di kota yang baru pertama kali dikunjungi. Bepergian dapat menghadirkan tantangan baru bagi orang-orang yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Dilansir Insider, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mengatasi kecemasan dalam perjalanan.

Pastikan barang bawaan yang dibutuhkan sudah lengkap

Mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam perjalanan memang bisa membuat stress dan cemas. Untuk membuat perjalanan Anda setenang mungkin, cobalah untuk memastikan barang bawaan Anda sudah lengkap sebelum Anda benar-benar harus pergi.

Bagi sebagian orang, persiapan ini berupa pengemasan tas Anda, mencetak tiket atau reservasi, dan check-in ke semua penerbangan. Anda mungkin juga ingin memesan taksi terlebih dahulu, menyiapkan makanan saat dalam perjalanan, dan menyiapkan pakaian untuk pergi.

Jika memungkinkan, cobalah bepergian dengan orang lain

Melakukan perjalanan sendiri bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat, tetapi para pelancong yang mudah cemas mungkin akan terbantu dengan memiliki seorang teman saat dalam perjalanan.

Bepergian dengan teman atau kerabat bisa saling berbagi seperti halnya, perencanaan tujuan, budgeting, dan menavigasi lokasi yang belum dikenal sebelumnya. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi stress dan rasa cemas.

Lakukan latihan ringan sebelum waktu perjalanan Anda tiba

Untuk cara mudah menghilangkan kecemasan sebelum perjalanan, cobalah menjadwalkan sedikit latihan sebelum perjalanan.

Olahraga dan aktivitas fisik lainnya menghasilkan endorfin yang dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi stres. Bahkan, hanya lima menit latihan aerobik dapat merangsang efek anti-cemas.

Hindari kafein untuk menjaga kecemasan Anda

Meminum secangkir kopi mungkin akan lebih melengkapi suasana liburan Anda. Tetapi bagi orang yang mudah cemas, para ahli justru menyarankan untuk menghindari hal tersebut.

Zat kafein yang ada di secangkir kopi dapat memperburuk kecemasan dan memicu kepanikan yang lebih. Pilihlah minuman yang bebas kafein, seperti air mineral, soda, atau jus buah.

Berlatih teknik relaksasi bahkan sebelum Anda pergi

Berlatih untuk menemukan ketenangan melalui latihan pernapasan, meditasi, atau jurnal bahkan sebelum Anda memulai perjalanan. Semakin nyaman Anda dengan teknik relaksasi, semakin mudah mengontrol kecemasan dalam situasi perjalanan yang penuh tekanan.

Selain itu, bawalah headset untuk mendengarkan lagu-lagu yang bisa menennagkan, sebotol minyak esensial, atau latihan visualisasi yang sangat menenangkan.

Anda juga bisa berlatih teknik relaksasi menggunakan tubuh seperti relaksasi otot progresif, dimana Anda meregangkan otot-otot di bagian tubuh tertentu selama 10 detik.

Meriset tujuan Anda secara menyeluruh dan simpan info penting secara offline

Merencanakan dan meriset tujuan perjalanan adalah cara yang baik untuk meredakan beberapa kegelihan sebelum bepergian.

Mencari tahu lokasi tempat makan, tempat wisata terbuka, dan akses transportasi semua harus dipersiapkan untuk menimalisir rasa cemas itu. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih siap untuk menghabiskan waktu di tempat baru.

Setelah meriset, pastikan Anda dapat mengakses semua informasi penting itu secara offline. Anda akan lebih mudah untuk mencari rute, mencetak reservasi hotel dan restoran, dan rencana perjalanan sehari-hari, atau cukup menyimpan info ke ponsel Anda dalam bentuk catatan atau tangkapan layar. (heq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here