Apple Siapkan Komputer untuk Gaming

Ilustrasi, Apple. (Ist)

RADARPENA.ID – Apple sudah dikenal sebagai salah satu pembuat perangkat komputer berperforma tinggi. Selain aspek performa, prestis perangkat komputer desktop dan laptop besutan Apple, MacBook, iMac dan Mac Pro juga menjadi salah satu nilai jual utama.

Sepanjang sejarah, Apple belum pernah membuat perangkat komputer desktop atau laptop khusus untuk gaming. Kini, kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple memiliki rencana menghadirkan komputer untuk gaming.

Sebagaimana dilansir dari PatentlyApple, Selasa (31/12), rumor baru dari Taiwan mengklaim bahwa Apple berencana untuk meluncurkan komputer gaming yang e-sports-sentris tahun depan. Malahan, rumor tersebut telah menyebutkan kalau harga harga komputer gaming Apple akan dibanderol USD 5.000 atau setara dengan Rp 69,7 jutaan.

Jika benar terjadi, maka ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi Apple terjun ke perangkat komputer khusus gaming dan akan semakin memeriahkan iklim e-sports.

Dengan harga tersebut, dikatakan ini adalah produk baru dengan harga satuan tinggi. Industri berharap bahwa margin laba kotor dari produsen rantai pasokan Apple akan positif.

Pabrik perakitan utama Apple, Quanta, pemasok chip besar, TSMC, produsen enclosure (housing perangkat Apple) Hongzhun dan Kecheng, produsen catu daya Delta dan Lite-On, standar konstruksi kipas, pabrik kawat Liangwei, dan lainnya diharapkan mendapat manfaat dan pertumbuhan baru ketika Apple terjun ke dunia gaming.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa komputer gaming Apple ini mungkin merupakan all in one (AIO) layar lebar atau laptop gaming layar besar. Sayang, detailnya masih tidak jelas saat ini. Perangkat PC gaming Apple diharapkan akan diumumkan pada Konferensi Pengembang Global Apple (WWDC) Juni mendatang.

Apple sendiri telah aktif memasuki industri game tahun ini. Ini ditandai dengan munculnya iOS 13 pada bulan September, serta Apple Arcade yang juga meluncur dengan layanan berlangganan game via cloud.

Pembeli dari semua produk Apple, baik melalui ponsel, tablet atau laptop, dapat menggunakan layanan Apple Arcade. Apple Arcade saat ini termasuk game aksi, game petualangan, dan game puzzle, menawarkan lebih dari 100 game, game baru dirilis setiap bulan dan dapat dimainkan secara offline.

Selain game-game ini, user juga dapat menggunakan sentuhan atau Siri Remote untuk mengontrol game. Beberapa game juga mendukung pengontrol lain, seperti pengontrol nirkabel Xbox, PlayStation DualShock 4 dan pengontrol permainan MFi.

Namun, game seluler atau game online hanya dapat menangani game sederhana. Jika pengguna ingin memiliki pengalaman gaming yang mendalam atau pertempuran yang sengit, hanya PC gaming dengan spesifikasi tinggi dan cepat yang dapat menangani daya grafis yang diperlukan untuk menggerakkan game kelas atas.

Jadi, ketika Apple dirumorkan akan memasuki bidang PC gaming, hal tersebut bisa jadi sangat relevan. Sebab Apple tampaknya memang sudah mulai melirik industri gaming dengan lebih serius dimulai dari perilisan layanan cloud gaming Apple Arcade.(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here