Meski Asing, Zucchini Punya Manfaat yang Mengejutkan

Buah zucchini. Ist
Buah zucchini. Ist

RADARPENA.ID – Nama zucchini sebagai buah memang terasa asing bagi orang Indonesia. Namun, bagi para fruitarians atau pecinta buah-buahan, zucchini menjadi salah satu makanan favorit yang wajib dikonsumsi.

Dikutip Sehatq dari Heathline, zucchini adalah buah sejenis labu yang masih satu keluarga dengan melon dan timun. Manfaatnya yang terkandung dalam zucchni pun tak kalah besar dengan kedua buah tersebut.

Meski sering dianggap sebagai sayuran, zucchini sebenarnya tergolong sebagai buah. Sekilas bentuk zucchini mirip dengan timun, tapi ada juga yang berbentuk bulat atau seperti botol.

Warna buah yang berasal dari Amerika ini bervariasi dari kuning, hijau muda, dan hijau. Zucchini juga telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga: Selain Bikin Awet Muda, Konsumsi Rutin Buah Persik Juga Bisa…

Hampir semua bagian zucchini dapat dimanfaatkan, baik bagian buah, kulit, dan bijinya. Maka dari itu, sayang jika hanya mengonsumsi buahnya saja. Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari zucchini.

1. Membantu mengurangi berat badan

Zucchini adalah buah yang baik bagi pejuang diet. Kalori di dalamnya sangat rendah sehingga tak perlu takut timbangan akan naik saat mengonsumsinya.

Tak hanya itu, serat yang ada dalam zucchini bagus untuk memperlambat pencernaan makanan. Alhasil, perut akan terbantu untuk cepat kenyang.

2. Menjaga kesehatan mata

Buah ini mengandung antioksidan bernama lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Sebuah studi mengungkap bahwa mengonsumsi 6 mg lutein setiap harinya dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here