Enam Manfaat Rutin Minum Jus Wortel

Ilustrasi, Wortel (Istimewa)

RADARPENA.ID – Wortel adalah sayuran yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Saat wortel dijadikan minuman seperti jus, ternyata bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bukan hanya mata. Minum jus wortel tidak hanya baik untuk mata tetapi juga rendah kalori dan tinggi nutrisi.

Dalam laman Healthline disebutkan, buah dan sayuran berwarna memang penuh nutrisi. Wortel mengandung beta-karoten dan vitamin A. Wortel juga mengandung antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya.

Wortel berukuran sedang hanya mengandung 4 gram karbohidrat dan merupakan makanan rendah glikemik. Makanan yang rendah karbohidrat dan rendah pada indeks glikemik cenderung tidak memiliki dampak yang sangat besar pada kadar gula darah.

Sehingga penlitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam wortel bermanfaat bagi penderita diabetes. Bahkan, dalam satu penelitian pada hewan, para peneliti menyelidiki pentingnya vitamin A dalam pengendalian glukosa darah.

Mereka menemukan bahwa tikus dengan defisiensi vitamin A mengalami disfungsi pada sel β pankreas. Mereka juga melihat penurunan sekresi insulin dan hiperglikemia berikutnya. Hasil ini menunjukkan bahwa vitamin A berperan dalam kontrol gula darah untuk penderita diabetes.

Selain itu, vitamin B dalam wortel juga memainkan peran penting dalam berbagai bidang metabolisme. Satu studi menemukan bahwa kekurangan vitamin B-1 dan B-6 adalah umum pada orang dengan diabetes tipe 2. Selain itu, bagi penderita diabetes, asupan serat dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah jangka panjang. Dilansir dari Pink Villa, Senin (20/1), beberapa manfaat minun jus wortel secara rutin, di antaranya,

1. Bagus Untuk Kulit
Jus wortel sangat bagus untuk kulit. Minum segelas jus wortel dapat membantu Anda mencegah garis-garis halus, kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Wortel mengandung vitamin C dan antioksidan yang akan menunda tanda-tanda penuaan.

2. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan
Jika menderita buang air besar yang tidak teratur, maka minum jus wortel memberikan serat yang larut membantu menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Turunkan Berat Badan
Jus wortel membantu meningkatkan metabolisme dan juga mendetoksifikasi sistem. Karena kandungan serat bisa membuat perut kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah perut lapar.

4. Meningkatkan Daya Tahan
Jus wortel merupakan penambah imunitas yang baik. Minum jus ini tidak hanya akan melindungi sistem dari kerusakan radikal tetapi juga akan meningkatkan daya kekebalan. Vitamin A, C, K, B6, potasium, fosfor hadir dalam wortel membantu melindungi sistem tubuh dari berbagai virus dan bakteri.

5. Baik Untuk Diabetes
Jus wortel membantu dalam mengatur dan mengurangi kadar glukosa darah. Wortel rendah kalori dan kadar gula, sehingga baik untuk pasien diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Potasium yang ada dalam jus wortel dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jus wortel juga membantu dalam menurunkan tekanan darah.(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here