4 Manfaat Daun Suruhan yang Istimewa

Daun suruhan. Foto: ist
Daun suruhan. Foto: ist

RADARPENA.ID – Sudah menjadi rahasia umum bila sebagian besar orang memanfaatkan tanaman herbal untuk kepentingan pengobatan. Salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat yang tak kalah hebat ialah daun suruhan.

Ya, daun suruhan memang begitu asing di telinga kita. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukkan manfaat daun suruhan bagi kesehatan begitu banyak, mulai dari mengatasi asma hingaa menetralisir racun ular.

Tanaman herbal yang memiliki nama latin peperomia pellucida tumbuh subur di wilayah Khatulistiwa, termasuk Indonesia. Tinggi tanaman ini hanya mencapai 10 sampai 20 sentimeter dengan batang yang tegak, lunak dan berwarna hijau muda.

Sejak dahulu, daun suruhan banyak digunakan sebagai makanan maupun obat tradisional. Berdasarkan penelitian, daun suruhan terbukti mengandung zat-zat yang berguna bagi manusia seperti alkaloid, flavonoids hingga steroids.

Baca Juga: Buktikan Delapan Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Dikutip Sehatq, berikut manfaat daun suruhan untuk kesehatan.

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun suruhan yang paling diunggulkan adalah dapat mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung.

Pasalnya, daun ini mengandung antioksidan yang terutama paling banyak ditemukan pada ekstrak daun suruhan kering.

2. Mengurangi peradangan

Manfaat daun suruhan yang satu ini didapat berdasarkan penelitian dengan menyuntikkan ekstrak daun ke tikus yang menderita edema kaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here