Cara Mencegah Asam Urat Kambuh pada Lansia

Ilustrasi, Asam Urat. (Ist)

RADARPENA.ID – Lansia memiliki risiko mengalami kekambuhan asam urat yang tinggi. Tentu penting untuk mengetahui cara mencegah asam urat kambuh, agar lansia memiliki kualitas hidup yang lebih baik meski sudah berusia senja.

Asam urat yang meningkat dalam dunia medis lebih sering disebut dengan gout, adalah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada sendi tubuh tertentu.

Kondisi ini terjadi akibat penumpukan asam urat di dalam darah dan jaringan yang menyebabkan tersangkut dalam sendi dan menyebabkan nyeri. Selain itu, kristal asam urat juga dapat tersangkut di ginjal dan membentuk batu ginjal.

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya Anda mengetahui penyebab asam urat terjadi. Gout dapat terjadi akibat tiga sebab utama, yakni:

Konsumsi makanan kaya purin secara berlebihan, yang dipecah menjadi asam urat oleh tubuh. Contohnya kacang-kacangan, hati dan ginjal dari hewan, serta ikan teri.
Produksi berlebihan akan asam urat oleh tubuh. Dapat terjadi karena penyakit turunan atau akibat kemoterapi yang dilakukan saat mengidap kanker.
Kurangnya pembuangan asam urat oleh ginjal akibat penyakit tertentu, sebab lainnya juga dapat disebabkan oleh kelaparan, konsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan obat golongan diuretik yang dibutuhkan untuk penyakit ginjal.
Gout menurun pada keluarga pada usia dewasa muda, tapi bisa pula meningkat seiring bertambahnya usia, puncaknya pada lansia di atas usia 80 tahun.
Namun gout justru lebih sering menyerang kaum pria. Dalam hal ini, kaum wanita cukup beruntung karena hormon pada wanita mampu meningkatkan pengeluaran asam urat lewat air seni. Begitu pula pada wanita premenopause, di mana prevalensinya lebih rendah terserang gout dibandingkan pria (2 persen vs 5.9 persen).

Pencegahan asam urat saat kambuh

Agar tak mengalami asam urat berkelanjutan, berikut beberapa cara untuk mencegah asam urat kambuh pada lansia:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here