Penyakit Warisan

Ilustrasi

RADARPENA.ID – Tahukah Anda jika setiap anak di dunia ini, merupakan kombinasi sempurna dari gen kedua orang tuanya. Hal inilah yang menjelaskan mengapa golongan darah miliknya, adalah salah satu dari kedua orang tuanya. Selain kebiasaan, anak juga mewawarisi salah satu penyakit yang diidap kedua orang tuanya.

Beberapa jenis penyakit yang dapat diturunkan orang tua pada anak di antaranya satunya diabetes dan kolesterol. Meski kebanyakan orang menderitanya, namun kondisi ini ternyata bisa diturunkan ke buah hati.

Satu dari lima ratus orang di dunia ini mengalami apa yang disebut dengan mutasi genetika. “Penyebabnya adalah familial hypercholesterolemia (sebuah kondisi yang dapat memicu dan berpotensi, Red). Hal ini dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung prematur dan stroke,” kata konselor genetik Shivani Nazareth seperti dikutip Prevention, Sabtu (16/11).

Selain kolesterol juga ada kanker payudara. Ini adalah kanker mematikan nomor lima di Indonesia setelah kanker prostat, serviks, hati dan kolorektal. Penyakit ini ternyata juga bisa diturunkan orang tua ke anak-anaknya. Namun, penyakit mematikan ini merupakan bawaan dari genetika ayah, dan bukan dari pihak ibu.

“Pihak ayah dengan mutasi BRCA1 dan BRCA2 belum tentu terkena kanker payudara di kemudian hari. Namun mutasi ini justru bisa diturunkan pihak ayah ke putrinya. Di kemudian hari berisiko terkena jenis kanker ini,” ungkap Nazareth.

Contoh lain adalah kebotakan. Ini sesuatu yang juga bisa diturunkan orang tua. Yakni dari pihak ibu kepada anak lelakinya. Hal ini disebabkan oleh salah satu gen yang berperan pada kebotakan seseorang yakni kromosom X, yang diwariskan pihak laki dari pihak orang tua perempuan. Akan tetapi, kebotakan pada pria tidak serta merta disebabkan oleh satu faktor tersebut. Bisa juga karena faktor lain. Misalnya lingkungan.

Ada sesuatu yang mungkin tidak ditemukan di Indonesia. Tetapi, banyak terjadi di Amerika Serikat. Yakni intoleransi laktosa atau alergi terhadap konsumsi produk yang menggunakan bahan dasar susu. Penyakit ini menjadi salah satu dari sekian banyak kondisi kesehatan yang diwariskan orang tua kepada anaknya.

Alergi produk susu merupakan kondisi genetik yang langka. Tidak hanya ditemukan pada bayi atau balita. Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Mereka dengan intoleransi laktosa, dapat dikenali dengan ciri seperti bau napas yang menyerupai susu basi. Gejala lain yang ditunjukan adalah suka buang angin, keram-keram hingga diare.(ruf/fin/rh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here