Lebih Baik Mana, Minum Susu Sebelum Tidur atau Pagi Hari?

Ilustrasi minum susu. (Ist)
Ilustrasi minum susu. (Ist)

RADARPENA.ID – Hampir setiap orang memiliki kebiasaan favorit sebelum tidur. Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur bisa jadi ritual yang menyenangkan untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Minum susu telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang untuk menyehatkan tubuh. Tak sedikit orang justru lebih sering mengonsumsi susu di pagi hari sebagai menu sarapan tambahan. Namun, sebenarnya mana yang lebih baik, minum susu sebelum tidur atau setelah bangun di pagi hari?

Dikutip Sehatq, rupanya minum susu sebelum tidur bisa jadi pilihan tepat terutama bagi yang selama ini susah tidur. Susu dan produk olahan susu lainnya mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Bisa Mencegah Osteoporosis?

Tak hanya itu, ada beberapa kandungan dalam susu yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang sebelum tidur. Kandungan asam amino triptofan dan hormon melatonin pada susu dipercaya dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Namun sebenarnya, National Sleep Foundation menyebut bahwa satu hal lagi yang membuat segelas susu hangat identik dengan tidur lelap ialah memori menyenangkan dari masa kecil. Mungkin ada yang terbiasa ditemani segelas susu hangat buatan orangtua sebelum tidur.

Sama halnya secangkir teh hangat, segelas susu hangat berpengaruh membuat pikiran semakin rileks jelang tidur. Akan tetapi, secara ilmiah belum dibuktikan bahwa minum susu sebelum tidur memang membuat kualitas tidur meningkat. (heq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here